Mengintip Rumah Crazy Rich India, Punya 600 Staff dan 160 Mobil

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 21 Juli 2020 02:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 20 612 2249439 mengintip-rumah-crazy-rich-india-punya-600-staff-dan-160-mobil-6VtfrzNxfN.jpg Rumah Mukesh Ambani. (Foto: Indiatoday)

MAJALAH Forbes menobatkan Mukesh Ambani kembali dinobatkan sebagai orang terkaya di India selama 12 tahun berturut-turut. Ambani ditaksir memiliki total kekayaan mencapai Rp917,9 triliun.

Dengan kekayaan yang selangit, tak heran bila Mukesh Ambani membangun rumah super mewah yang dia beri nama, Antilia. Bangunan yang terletak di Mumbai, India ini, digadang-gadang sebagai salah satu rumah termahal di dunia.

Luas bangunan tersebut dilaporkan mencapai 37.000 meter tinggi hingga 173 meter. Di dalamnya, terdapat berbagai fasilitas mewah seperti bioskop pribadi, spa, kolam renang, ruang keluarga yang luas, kuil ibadah, tempat olahraga, garas, hingga helipad.

Rumah Crazy Rich

Untuk membangun Antilia, Ambani dikabarkan harus mengeluarkan dana senilai Rp13,5 triliun. Proses pembangunannya sendiri dimulai pada 2006 silam, dan rampung pada 2010. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut rumah termahal di dunia ini, Okezone telah merangkum 5 fakta menariknya. Seperti dilansir dari Indiatoday dan berbagai sumber lainnya.

Dibangun di lingkungan kumuh

Pembangunan Antilia rupanya sempat menimbulkan kontroversi di tengah masyarakat Mumbai, India. Bukan tanpa alasan, rumah tersebut rupanya berdiri kokoh di lingkungan yang kumuh. Para aktivis lokal menyebutkan bahwa pembangunan Antilia justru dapat memicu masalah kesenjangan sosial, mengingat tampilannya sangat kontras dengan rumah-rumah kumuh di sekitarnya.

Rumah Crazy Rich

Desain bangunan

Mengutip BBC, Antilia didesain langsung oleh arsitek asal Chicago, Amerika Serikat yakni, Perkins dan Will. Dalam proses pembangunannya, mereka dibantu oleh kontraktor asal Australia, Leighton Holdings. Perkins dan Will mengungkapkan bahwa konsep utama Antilia sejatinya tersinpirasi dari bunga teratai dan matahari.

Mereka juga memadukan unsur modern dan tradisional di hampir seluruh ruangan. Ini merupakan permintaan langsung Ambani, yang ingin seluruh furnitur dan dekorasi rumahnya bernuansa India.

600 staf

Saking luasnya Antilia, Ambani harus mempekerjakan lebih dari 600 staf untuk mengelola seluruh ruangan yang ada di rumahnya. Mulai dari bioskop, kolam renang, pusat kebugaran, spa, dan lainnya.

Tak hanya itu, rumah ini juga memiliki tiga helipad dan 160 mobil yang juga membutuhkan perawatan atau maintenance rutin. Jadi jangan heran bila dia rela menggaji ratusan staf untuk merawat rumah mewahnya.

Rumah Crazy Rich

Dihuni oleh 5 orang

Seluruh fasilitas mewah yang dimiliki Antilia, ternyata hanya dinikmati oleh 5 orang saja lho Okezoners! Kelima orang ini merupakan Ambani, istri dan ketiga anaknya. Mereka dikabarkan memilih tinggal di lantai teratas rumah, karena di tempat inilah sinar matahari paling banyak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini