Ingin Body Ideal? Hindari 10 Kesalahan DEBM bagi Pemula!

Agustina Wulandari , Jurnalis · Selasa 21 Juli 2020 08:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 21 12 2249558 ingin-body-ideal-hindari-10-kesalahan-debm-bagi-pemula-zRh7k24vnp.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Punya body ideal tentu jadi idaman setiap orang. Selain olahraga, diet menjadi solusi untuk membuat berat tubuh menjadi ideal. Namun tahukah? Ternyata banyak macam diet yang bisa Anda lakukan, salah satunya dengan DEBM.

Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, DEBM adalah Diet Enak Bahagia Menyenangkan. Ya, sangat menyenangkan karena Anda bisa mengonsumsi apapun yang Anda inginkan tanpa mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat.

Tapi, sebelum Anda melakukan DEBM ini, Anda harus hindari hal-hal berikut. Yuk, simak ulasannya di bawah ini agar DEBM Anda berjalan mulus dan hasilnya maksimal.

1. “Selingkuh” dengan Makanan yang Dipantang

Masih ingat makanan yang dipantang untuk DEBM? Ya, Anda wajib mematuhi pantangannya, jika Anda ingin diet Anda berhasil. Jangan pernah berpikir bisa mengonsumsi pantangan dan menggantinya dengan olahraga. Ingat bahwa tujuan DEBM adalah mengendalikan nafsu makan. Jadi, hindari kebiasaan tidak disiplin dengan melakukan pembenaran bahwa makan makanan yang dipantang bisa ditebus dengan olahraga.

2. Lupa Minum Air

Hal ini pun perlu dipatuhi bagi para pemula yang akan memulai DEBM. Minum air wajib pada pukul 9 pagi hingga 3 sore saat Anda melakukan DEBM.

3. Banyak Konsumsi Kecap

Terlalu menambahkan kecap ke dalam masakan pun akan membuat diet Anda gagal, karena kecap yang terlalu banyak akan menambah nafsu makan. Makanya, harus berhati-hati dalam menaruh takaran kecap, bahkan lebih baik tidak mengonsumsinya. Kecap dikonsumsi maksimal 1 sendok per hari atau 1 sendok per 1 kilo masakan.

4. Lupa Sarapan

Sarapan jadi hal penting dalam melakukan DEBM, karena sarapan dapat mengendalikan nafsu makan. Tanpa melakukan sarapan Anda bisa merasa lapar seharian. Jadi sebaiknya, Anda harus selalu ingat bahwa sarapan itu penting, meski hanya sedikit, misalnya dengan 1 telur rebus.

5. Tidak Memiliki Target Penurunan Berat Badan

Nah, dalam melakukan DEBM ini, Anda harus punya target penurunan berat badan. Target pun harus rasional. Normalnya, target DEBM adalah 2-3 kg per bulan.

6. Tidak Mau Berjuang

Setiap tujuan pasti butuh perjuangan. Jadi, niatkan diri untuk mencapai tujuan dengan perjuangan yang ekstra. Karena tanpa perjuangan mengendalikan nafsu makan yang menjadi pantangannya, tujuan untuk melangsingkan tubuh Anda tidak akan pernah tercapai.

7. Makan untuk Kesenangan

DEBM mengajak Anda untuk makan sampai kenyang. Setelah kenyang, Anda silakan berhenti makan. DEBM akan berhasil karena makanan yang dikonsumsi berupa protein hewani yang lebih memberi rasa kenyang daripada karbohidrat.

8. Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Hal yang harus Anda hindari dalam melakukan DEBM selanjutnya adalah membendingkan hasil Anda dengan orang lain. Setiap orang punya effort berbeda dalam menjalankan misinya sehingga Anda tak perlu kecewa dan stress jika hasil yang Anda dapat belum bisa sepeeti orang lain. Tetap fokus dan jalani DEBM dengan baik dan disiplin.

9. Tidak Kreatif dan Inovatif

DEBM dinamakan diet yang menyenangkan karena diet ini mewajibkan anggotanya untuk kreatif dan inovatif. Misalkan, salah satu menu utama DEBM adalah telur. Telur tampak membosankan jika hanya hanya dikonsumsi dengan cara direbus saja. Untuk itu, Anda harus kreatif agar telur selalu menjadi makanan yang enak dan menyenangkan untuk dikonsumsi.

10. Lupa Persiapan

Persiapan cemilan sangat dibutuhkan dalam melakukan DEBM. Cemilan ini membantu Anda tetap konsisten di jalur DEBM. Misalkan, Anda selalu sedia santan dan kopi instan untuk dikonsumsi saat waktu senggang. Sasa Santan menjadi rekomendasi yang bisa Anda kombinasikan dengan kopi instan. Untuk itu, selalu siapkan cemilan dimanapun dan kapanpun Anda berada.

Santan dipercaya sangat baik untuk menurunkan berat badan. Apalagi dengan Anda mengonsumsi Sasa Santan yang dibuat dari kelapa tua pilihan dan hampir tidak mengandung karbohidrat sehingga direkomendasikan untuk DEBM. Sasa Santan juga mengandung fiber yang baik untuk pencernaan dan juga mengandung omega 3 dan 6 yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

Nah, jadi sudah tahu kan kesalahan yang harus Anda hindari saat melakukan DEBM. Yuk, lakukan diet enak bahagia dan menyenangkan mulai sekarang dan pastikan selalu konsumsi Sasa Santan sebagai pendamping diet Anda.

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini