Rapat di Kantor Lebih dari 30 Menit Picu Penyebaran Covid-19? Cek Ruangan!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 21 Juli 2020 09:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 21 481 2249583 rapat-di-kantor-lebih-dari-30-menit-picu-penyebaran-covid-19-cek-ruangan-zJErU1snuQ.jpg Rapat di kantor bisa berpotensi terjadi penularan Covid-19 (Foto : Nirmitee Robotics)

Juru Bicara Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, menyatakan bahwa karyawan tidak diperkenankan rapat melebihi waktu 30 menit. Ini berkaitan dengan upaya meminimalisir penyebaran Covid-19 di tempat kerja.

Karena itu, Yuri, sapaan akrabnya, mengimbau agar saat presentasi rapat, bagikan materi yang penting-pentingnya saja. Tidak hanya itu, saat rapat pun tidak diperkenankan ada hidangan apapun di atas meja.

Jubir Korona

"Usahakan rapat hanya membahas yang penting saja, dan tidak lebih dari 30 menit. Diupayakan tidak ada hidangan apapun selama rapat, sehingga semua tetap bisa menggunakan masker tanpa ada kesempatan untuk membuka masker. Hilangkan kebiasaan untuk menyajikan makanan dan minuman ketika rapat," jelas Yuri di Graha BNPB Jakarta, baru-baru ini.

Baca Juga : Gugus Tugas Covid-19 : Rapat di Kantor Bahas yang Penting Saja, Tak Lebih dari 30 Menit

Lebih lanjut, dia pun menyarankan agar peserta rapat wajib menggunakan masker. Jika memang diharuskan melepas, maka pastikan berbicara tidak berdekatan dengan peserta rapat lainnya.

Di sisi lain, Okezone coba menanyakan hal ini kepada Pakar Kesehatan dr Ari Fahrial Syam, SpPD, menurut dia, yang tak boleh dilupakan lainnya adalah kondisi ruang rapat.

“Ruang rapat itu mesti berventilasi baik, terjadi sirkulasi udara yang lancar, tidak banyak orang yang hadir, duduk berjarak, dan semua peserta wajib menggunakan masker,” terangnya, Selasa (21/7/2020).

Terkait dengan durasi rapat, jika kondisi ruangan rapat bersirkulasi baik, rapat bisa berlangsung selama 4 jam dengan waktu istirahat 1 hingga 2 jam. “Durasi tersebut berlaku jika kondisi ruang rapat memenuhi protokol kesehatan, ya,” tegasnya.

Physical Distancing

Lantas, bagaimana jika ruangan rapat tertutup, menggunakan AC sentral, tidak ada jendela? Dokter Ari mengimbau agar tidak melakukan rapat di ruangan tersebut.

“Jika kondisi ruangan tertutup dan tidak memiliki ventilasi udara agar sirkulasi berjalan, maka tidak boleh ada rapat di sana,” pungkas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini