Bingung Berat Badan Naik atau Hamil? Begini Cara Membedakannya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 21 Juli 2020 11:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 21 481 2249637 bingung-berat-badan-naik-atau-hamil-begini-cara-membedakannya-HgNwdhfFHi.jpg Tanda-tanda hamil (Foto: Times of India)

Pernahkan Anda memperhatikan beberapa perubahan pada tubuh akhir-akhir ini? Atau Anda merasakan perubahan pinggang yang semakin melebar?

Jika Anda aktif secara seksual, Anda mungkin bertanya-tanya, apakah itu kenaikan berat badan atau justru kehamilan?

Dokter Obgyn Ferardo Bustillo mengatakan, bagi sebagian wanita, saat siklus menstruasi yang biasanya teratur, lalu sampai telat haid, mereka akan bertanya-tanya dan memeriksakan diri. Apakah mereka hamil atau tidak?

"Namun sebagian wanita juga ada yang mengalami siklus menstruasi tidak teratur, sehingga ketika telat haid mereka tidak akan curiga," ujarnya seperti dilansir Healthline, Selasa (21/7/2020).

 hamil atau hanya berat badan naik

Salah satu cara untuk membuktikan kehamilan adalah dengan melakukan tes. Tetapi, jika Anda belum siap, ada tanda-tanda fisik lainnya yang menunjukkan kemungkinan Anda hamil.

 

1. Mual

Mual merupakan salah satu tanda yang umum pada kehamilan. Mual dan muntah juga dikenal sebagai morning sickness karena biasanya terjadi mulai dari 2 hingga 8 minggu setelah pembuahan.

Gejalanya pun beragam. Sebagian wanita mengalami mual di pagi hari, tetapi yag lainnya tidak. Beberapa wanita juga hanya mual ketika mereka sedang hamil.

2. Sembelit

Progesteron adalah hormon kehamilan yang membuat usus bergerak lebih lambat. Akibatnya, Anda akan mengalami konstipasi.

Namun, beberapa wanita juga mengalami konstipasi sejak mereka kecil. Sehingga tanda ini mungkin diabaikan oleh mereka.

3. Frekuensi buang air kecil

Jika Anda lebih sering pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil, bisa jadi ini merupakan tanda kehamilan. Tetapi hal ini juga bisa terjadi ketika Anda haus dan minum banyak cairan.

4. Kelelahan

Kelelahan juga merupakan gejala umum pada awal kehamilan. Seiring dengan perubahan hormon, Anda mungkin ingin tidur lebih sering.

 Baca juga: 4 Aplikasi Bantu Anda Cegah Kecanduan Smartphone

5. Bercak darah

Bercak darah bisa terjadi pada 6 hingga 12 hari setelah pembuahan. Ini juga biasa disebut sebagai pendarahan implantasi.

Pendarahan implantasi juga dapat membuat Anda sedikit kram. Tetapi, wanita yang tidak aktif secara seksual dapat mengabaikan hal ini dan menganggapnya sebagai menstruasi yang tidak teratur.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini