Beda dengan Yuri, Jubir Wiku Tak Lagi Umumkan Angka Kasus Harian Covid-19

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 21 Juli 2020 17:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 21 481 2249927 beda-dengan-yuri-jubir-wiku-tak-lagi-umumkan-angka-kasus-harian-covid-19-7Sm8vd9ICO.jpg Jubir Wiku (Foto: Ist)

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, tampil perdana menggantikan posisi Achmad Yurianto hari ini. Mulai hari ini, Selasa (21/7/2020) seluruh perkembangan kasus Covid-19 di Tanah Air akan disampaikan olehnya.

Dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa sore, Wiku mengatakan bahwa saat ini pengumuman perkembangan kasus harian Covid-19 tidak akan dijabarkan lagi dalam konferensi pers. Sebagai gantinya, masyarakat bisa mengakses situs www.covid19.go.id.

 Wiku

"Terjadi perubahan pengumuman kasus harian yang sebelumnya diumumkan Dirjen P2P Kemenkes dr Achmad Yurianto, untuk selanjutnya update kasus harian bisa langsung lihat di www.covid19.go.id," tutur Wiku.

Pada kesempatan ini, Wiku juga memberikan sejumlah kabar gembira terkait perkembangan Covid-19 Indonesia secara keseluruhan, termasuk kabar pengembangan vaksin yang tengah dilakukan pemerintah.

Seperti diketahui, Indonesia melalui Biofarma memang tengah bekerjasama mengembangkan vaksin Covid-19 dengan perusahaan farmasi asal China, Sinovac Biotech. Perkembangan terakhir menyebut bahwa mereka tengah bersiap memasuki tahap uji klinis fase 3.

Baca juga: Serunya Keluarga Kecil Cut Meyriska dan Roger Danuarta Lakukan Photoshoot

"Cukup banyak perkembangan. Salah satu yang kemajuannya cukup menggembirakan adalah kerja sama Biofarma dengan Sinovac. Sekarang sedang dilakukan uji klinis fase 3 dan akan selesai pada akhir tahun ini, sehingga harapannya bisa diproduksi mulai tahun depan," jelas Wiku.

Lebih lanjut Wiku menjelaskan, perkembangan vaksin Covid-19 di dunia sendiri juga tengah menunjukkan hasil yang cukup positif.

Setidaknya sudah ada 240 kandidat vaksin Covid-19 yang telah memasuki tahap uji klinis. Ini masih dalam perkembangan.

"Harapannya dengan pengembangan ini, maka masyarakat Indonesia dan dunia bisa dapat memproteksi diri dengan penggunaan vaksin tersebut. Sekarang vaksin Covid-19 Indonesia sedang dilakukan uji klinis oleh Biofarma dan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran di Bandung," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini