4 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Tahu

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 22 Juli 2020 03:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 21 481 2249983 4-manfaat-cuka-apel-yang-perlu-kamu-tahu-FkeVv49qz3.jpg Cuka apel (Foto: Vitagene)

Cuka apel memiliki berbagai manfaat. Di antaranya menjaga agar tidak kelebihan kolestrol hingga menjaga berat badan.

Perlu diketahui, ternyata cuka apel juga bermanfaat untuk kesehatan kulit lho. Lalu apa saja manfaat cuka apel sih?

cuka apel

1. Mencegah eksim

 Nilai pH yang sedikit asam berperan sebagai pelindung kulit dari berbagai penyebab iritasi. Jika nilai pH berubah, kulit akan kehilangan kelembapannya sehingga lebih rentan mengalami gangguan terkait peradangan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penderita eksim memiliki pH kulit yang lebih tinggi. Tingkat pH yang seharusnya melindungi kulit akhirnya tidak bisa bekerja dengan optimal. Mandi dengan cuka apel bermanfaat agar pH kulit kembali ke nilai normal sehingga penyakit ini bisa dicegah.

Mandi dengan cuka apel bermanfaat agar pH kulit kembali ke nilai normal sehingga penyakit ini bisa dicegah.

Cara menggunakan cuka apel untuk mandi sangatlah mudah. Cukup campurkan 200 mililiter cuka apel ke dalam bak berisi air hangat. Berendamlah selama 15-20 menit, lalu bilas seluruh badan Anda dengan air bersih.

2. Mencegah infeksi jamur pada organ intim

Pada kondisi normal, bakteri hidup dalam organ intim dengan jumlah yang seimbang sehingga tidak menimbulkan penyakit. Infeksi baru akan terjadi ketika pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab penyakit jauh melebihi normalnya di organ intim.

Cuka apel dapat mencegah timbulnya infeksi dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur.

3. Melembutkan kulit

Cuka apel kaya akan vitamin C dan vitamin B kompleks. Vitamin B dapat mempercepat metabolisme sel dan merangsang pembelahan sel baru. Sementara itu, vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen yang penting bagi kesehatan kulit.

Mandi pakai cuka apel akan memberikan kedua manfaat tersebut pada kulit Anda. Kulit pun senantiasa mengalami regenerasi sel dan kelembapannya selalu terjaga. Hasilnya, kulit Anda menjadi semakin bersih, lembut, dan terasa kenyal.

 Baca juga: Serunya Keluarga Kecil Cut Meyriska dan Roger Danuarta Lakukan Photoshoot

4. Mencegah bau badan

Mandi dengan campuran cuka apel bisa mencegah bau badan. Senyawa antibakteri pada cuka apel memiliki fungsi serupa dengan deodoran, yakni membunuh bakteri yang menyebabkan bau badan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini