Heboh! Lumba-Lumba Berenang di Sungai Mahakam, Ini Faktanya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 21 Juli 2020 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 21 612 2249537 heboh-lumba-lumba-berenang-di-sungai-mahakam-ini-faktanya-TpGSRpBcMe.jpg Pesut Sungai Mahakam (Foto : Ptes.org)

Sungai Mahakam di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur mendadak menjadi bahan perbincangan publik. Hal ini bermula dari unggahan video milik akun Twitter @BahriBpp.

Dalam video tersebut, sekelompok ikan yang diduga mirip dengan lumba-lumba terlihat jelas sedang asyik berenang di sekitaran Sungai Mahakam. Kejadian ini sontak menarik perhatian masyarakat setempat.

Bagaimana tidak. Bila benar ikan tersebut adalah lumba-lumba, maka seharusnya habitat mereka berada di laut. Namun, pada video itu mereka justru kedapatan berenang di Sungai Mahakam, yang notabenenya merupakan kawasan perairan tawar.

"Kejadian yg skrg sangat langka d sungai Mahakam.......," tulis akun @BahriBpp.

Tak hanya itu, sesekali ikan-ikan itu merapat ke pinggir sungai, tempat para warga sedang bersorak sorai. Mereka seolah ingin menghibur warga yang telah menyadari keberadaannya.

Baca Juga : Prambanan Jazz Online, Wujud Inovasi Pelaku Industri Kreatif untuk Tetap Berkarya

Namun di sisi lain, kemunculan ikan-ikan ini justru menimbulkan tanda tanya besar di tengah netizen dan penduduk lokal. Sebagian di antara mereka berspekulasi bahwa fenomena langka menyiratkan sebuah pertanda.

"Dlm mitologi kuno (babat tanah jawi). Ketika makhluk lain yg bukan alamnya masuk untuk berenang, itu berarti akan ada suatu pertanda yg akan terjadi. Semoga pertanda itu covid segera berlalu, karna hewan liar sudah bisa hidup di dua alam," tulis akun @BlackAnchor10.

Tapi tunggu dulu Okezoners! Menurut beberapa netizen, ikan yang ada di video tersebut sebetulnya dikenal dengan sebutan pesut Mahakam dan habitat mereka memang berada di sungai tersebut.

Pesut Mahakam

"Itu sungai mahakam, emang habitat asli pesut mahakam. Bukan pesut bengawan solo," tulis akun @i_erye.

"lah pak sungai mahakam memang habitatnya pesut, ini bukan lumba-lumba loh pak tapi memang sekilas mirip," tulis akun @auliarcnov_.

"Lah yg di video itu kan pesut. Pesut emang hidup di air tawar kali," tulis akun iamnurandri.

"Pesut mahakam hidup di Air tawar bukan di Laut... sangat jarang bisa melihat kemunculannya secara langsung...," tulis akun @udypanji.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini