Begini Cara Bikin Anak Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 22 Juli 2020 12:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 22 196 2250250 begini-cara-bikin-anak-patuhi-protokol-kesehatan-covid-19-17006r7EyN.jpg Membujuk anak pakai masker (Foto: SF Gate)

Para ahli mengamati, orang lanjut usia dan anak-anak merupakan golongan orang yang paling sulit untuk mengikuti protokol kesehatan. Alasan yang paling sering dilontarkan adalah faktor ketidaknyamanan.

Apalagi anak-anak menyukai aktivitas fisik yang aktif. Hal ini membuat mereka tidak nyaman jika bermain sambil mengenakan masker.

Psikolog Anak dan Remaja Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi., Psi. mengatakan, orangtua perlu memiliki aturan khusus untuk membimbing anak agar mau mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

 anak

Terlebih, memasuki era new normal, orang-orang sudah diperbolehkan bepergian. Hal ini akan memperbesar risiko anak-anak tertular Covid-19 jika mereka tinggal dengan anggota keluarga yang bekerja di kantor atau sering bepergian.

"Memberi tahu anak tidak bisa disamakan dengan orang dewasa. Menjelaskan sesuatu pada anak harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh mereka," ujar Vera ketika dihubungi Okezone.

Vera mengatakan, selain menggunakan bahasa yang mudah dipahami anak, buat pembahasan lebih menarik seperti menggunakan buku cerita, atau video dengan desain menarik.

"Supaya anak lebih mudah memahami, orangtua bisa menggunakan buku cerita dengan tampilan animasi atau video menarik. Beritahu juga poin-poin penting yang perlu anak ketahui. Seperti, apa yang akan dialami anak jika tertular Covid-19 misalnya batuk, pilek, demam, dan apa yang harus dilakukan ketika tertular seperti melakukan karantina, dan pengobatan," jelas Vera.

Sementara itu, dalam memberikan penjelasan kepada anak mengenai protokol kesehatan, upayakan agar tidak membuat anak takut. Alih-alih meyakinkan anak agar patuh, jika mereka takut, mereka justru akan stres.

 Baca juga: Hari Anak Nasional, Ini Tips agar si Kecil Bermain Aman di Rumah

"Hindari penjelasan yang membuat anak-anak takut. Terlalu takut menghadapi Covid-19 juga bisa membuat mereka stres. Orangtua harus bisa melakukan percakapan santai dengan anaknya," katanya.

Diharapkan dengan penjelasan yang santai dan menyenangkan anak-anak mau mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. Mereka mau memakai masker, cuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini