Anak Main saat Belajar Online Dianggap Buang Waktu, Ternyata Ada Manfaatnya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 22 Juli 2020 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 22 196 2250314 anak-main-saat-belajar-online-dianggap-buang-waktu-ternyata-ada-manfaatnya-vbUqO47Ypf.jpg Ilustrasi. (Freepik)

PANDEMI Covid-19 membuat semua aktivitas manusia dilakukan dari rumah. Salah satunya adalah kegiatan belajar online yang dihadapi anak-anak.

Sejak sekolah ditutup selama pandemi, kegiatan belajar online dilakukan di rumah masing-masing. Lebih dari empat bulan anak-anak menghabiskan waktu belajar di rumah bersama orangtua.

Baca Juga: Begini Cara Bikin Anak Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19

belajar

Meski terlihat lebih aman dan nyaman, namun penerapan belajar online nyatanya memiliki banyak tantangan loh. Ketua Ikatan Psikologi Klinis Indonesia, Anna Surti Ariani, S.Psi, M.Si mengatakan, tantangan dalam melakukan belajar online selama masa pandemi Covid-19 tidak hanya dialami oleh anak, melainkan seluruh anggota keluarga.

“Virtual schooling, tantangannya udah untuk seluruh keluarga. Untuk orangtua mereka punya masalah seperti bagaimana menyediakan fasilitas yang dibutuhkan untuk anak-anak dalam melakukan virtual schooling,” terang Anna, dalam acara ‘#mainyuk dari rumah bareng Paddle Pop’ Rabu (22/7/2020).

Selain itu, Anna menambahkan bahwa tantangan terbesar yang dialami oleh seorang anak, ketika harus menjalani virtual schooling adalah rasa bosan. Kondisi tersebut bisa timbul karena adanya proses belajar yang berbeda daripada biasanya.

“Sekarang mereka bertemu dengan layar. Ini sudah menjadikan kepusingan dan stres dengan proses belajar yang berbeda. jadi baik orangtua dan anak memiliki tantangan yang berbeda dari kegiatan belajar di rumah,” lanjutnya.

Beberapa orangtua juga kerap menilai belajar online membuat anak lebih banyak bermain, ketimbang melakukan pengajaran secara tatap muka langsung ke sekolah. Meski demikian, Anna mengatakan persepsi seperti ini tidak sepenuhnya benar dan harus dihilangkan.

“Padahal seringkali tidak seperti itu. Proses belajar tetap dari pagi sampai siang, belum lagi mereka harus mengerjakan tugas rumah dan kadang orangtua tidak mengizinkan anak untuk bermain," ucapnya.

Jadi, kadang orangtua menganggap bermain adalah kegiatan yang buang waktu. Padahal bermain juga memiliki banyak sekali manfaat.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini