Di Rumah Aja Bikin Anak Stres? Biarkan Dia Bermain untuk Mengasah Otak

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 22 Juli 2020 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 22 196 2250485 di-rumah-aja-bikin-anak-stres-biarkan-dia-bermain-untuk-mengasah-otak-HdpLuXVGMt.jpg Ilustrasi. (Foto: Slhunterspeecworks)

AKIBAT pandemi Covid-19, membuat anak-anak melakukan banyak aktivitasnya di dalam rumah. Meski terlihat biasa, namun situasi ini rupanya membuat anak stres.

Rasa bosan terlalu lama berada di rumah, yang membuatnya tidak bisa bertemu dengan teman sebaya, bisa membuat anak stres. Ditambah adanya tekanan yang dihadapi anak karena belajar online.

Kelola stres anak jadi salah satu tugas orangtua. Cara ini dapat menghindari tekanan mental yang dimiliki oleh buah hati.

Baca Juga: Bahagianya si Mama Cantik Marshanda Ngasuh Sienna, Ini 4 Gayanya

anak main

Ketua Ikatan Psikologi Klinis Indonesia, Anna Surti Ariani, S.Psi, M.Si mengatakan, kelola stres adalah bagaimana cara seseorang untuk mengatasi tekanan atau stres yang mereka hadapi sehari-hari. Karena jika anak di rumah saja bukan berarti mereka bahagia.

“Anak-anak bukan berarti mereka happy berada di rumah, tapi mereka juga stres. Ketika mereka terus-terusan ditekan dengan tuntutan mereka ibarat karet yang ditegangkan terus-terusan," ucapnya dalam acara ‘#mainyuk dari rumah bareng Paddle Pop’ Rabu (22/7/2020).

Oleh sebab itu, kelola stres sangat penting untuk dilakukan oleh para orangtua. Salah satu proses cara kelola stres yang paling mudah adalah dengan cara bermain.

Dengan bermain, anak bisa mengekspresikan emosinya secara sehat tanpa harus memendamnya dalam diri. Jadi anak-anak bisa mengeluarkan emosinya melalui boneka atau mainan, sehingga mereka tidak memiliki beban mental.

"Jika ada masalah tapi dia tetap belajar maka ia akan tetap tegang dan tidak akan menjadi efektif,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini