Belajar Daring, Begini Cara agar Mata Anak Tetap Sehat

Rabu 22 Juli 2020 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 22 196 2250523 belajar-daring-begini-cara-agar-mata-anak-tetap-sehat-WALiOvi0mg.jpg Anak belajar daring (Foto: My kids time)

Di tengah pandemi Covid-19 anak-anak harus belajar daring. Sebab mereka masih banyak yang belum masuk ke sekolah.

Anak-anak belajar dengan memakai laptop maupun komputer di rumah saja. Lalu bagaimana cara melindungi mata anak-anak agar tetap sehat?

belajar daring

1. Jaga jarak layar

Layar komputer yang terlalu dekat dengan mata anak Anda akan membuat matanya tegang untuk tetap fokus. Dalam pengaturan yang tepat, bagian atas monitor harus tepat di bawah ketinggian mata dan berjarak 20-28 inci dari mata. Anda juga dapat menggunakan kursi yang bisa disesuaikan anak Anda.

2. Terapkan Aturan 20-20-20

Seperti handphone atau laptop dapat menyebabkan computer vision syndrom. Kondisi ini memiliki gejala berupa mata merah dan lelah, pusing, serta munculnya rasa sakit dan pegal pada leher.

Untuk mengatasinya, Kepala Tele-oftalmologi [email protected] Dr. Valenchia, Sp.M menyarankan untuk menerapkan aturan 20-20-20, yang mana setiap 20 menit menatap layar, istirahat selama 20 detik, dengan melihat jarak 20 kaki atau 6 meter.

3. Menyesuaikan pengaturan layar

Seperti dilansir dari Sindo News, menyesuaikan kecerahan dan kontras layar atau menambah ukuran font juga bisa membantu. Anda dapat pula menempatkan penutup antisilau di layar komputer anak. Jika memungkinkan, kurangi suhu warna. Bereksperimen sedikit akan membantu menemukan pengaturan yang paling nyaman untuk mata anak Anda.

Baca juga: Melongok Jejak Manusia Purba di Gua Pawon Bandung, Ada Dapurnya Dayang Sumbi, Loh!

4. Harus lebih sering berkedip

Berkedip sering kali bisa menjadi ide bagus untuk menyegarkan mata. Mintalah anak agar sering berkedip agar matanya tidak kering. Berkedip menghasilkan air mata yang melembabkan mata.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini