Ramai Klepon Tidak Islami, Intip Resep Membuat Klepon yang Enak Yuk!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 22 Juli 2020 08:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 22 298 2250134 ramai-klepon-tidak-islami-intip-resep-membuat-klepon-yang-enak-yuk-3fJsVoukJO.jpg Resep membuat klepon enak (Foto : @kenyangmakan/Instagram)

Klepon tidak Islami mendadak jadi trending topik di media sosial. Hal ini bermula dari unggahan foto yang dibagikan ulang oleh akun Twitter @ridwanhr.

Dalam foto tersebut tertulis sebuah pesan dengan latar belakang foto klepon yang sukses membuat geger dunia maya.

"Kue klepon tidak islami. Yuk, tinggalkan jajanan yang tidak islami dengan cara membeli jajanan islami, aneka kurma yang tersedia di toko syariah kami," tulis pesan itu.

Klepon

Unggahan tersebut akhirnya memicu perdebatan di tengah netizen. Sebagian besar di antara tidak setuju bila klepon dianggap sebagai makanan yang tidak Islami. Padahal, menurut sejarahnya klepon merupakan salah satu jajanan legendaris Indonesia yang semakin hari justru semakin sulit ditemukan.

Namun sejatinya, klepon termasuk kuliner yang proses pengolahannya terbilang mudah. Anda bahkan bisa membuatnya sendiri di rumah lho!

Baca Juga : Heboh Cuitan Anji di Twitter, Benarkah Pakai Masker saat Olahraga Berbahaya?

Daripada penasaran, berikut Okezone rangkumkan resep lengkap klepon, seperti dikutip dari buku Resep Praktis & Lezat: Jajan Pasar, karya Yasa Boga, Rabu (22/7/2020).

Klepon

Bahan-bahan

300 gr tepung ketan

75 ml air daun suji-pandan

2 sdt air kapur sirih

100 gr gula merah, sisir

1/3 btr kelapa agak muda, parut

1/3 sdt garam

Cara membuat:

Klepon

1. Campur kelapa parut dan garam, bungkus dengan daun pisang, kukus selama 10 menit;

2. Aduk tepung ketan dengan air daun pandan-suji sedikit demi sedikit, masukkan air kapur sirih, uleni hingga adonan dapat dibentuk dan tidak melekat di tangan. Bulatkan adonan sebesar kelereng, pipihkan, isi dengan irisan gula merah, bulatkan lagi;

3. Sementara itu rebus 750 ml air sampai mendidih, masukkan bulatan adonan. Angkat jika sudah terapung dan matang, tiriskan. Gulingkan pada kelapa parut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini