Lagi Bete? Manisnya Cokelat Bisa Bikin Hatimu Tenang

Mayang Magdalena Bengi, Jurnalis · Rabu 22 Juli 2020 20:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 22 298 2250533 lagi-bete-manisnya-cokelat-bisa-bikin-hatimu-tenang-FvLE2nulvU.jpg Ilustrasi. (Freepik)

MAKAN cokelat sering dianggap dapat meningkatkan mood seseorang. Makanya kalau lagi bete, coba deh ngeml cokelat.

Berdasarkan penelitian, manisnya cokelat bisa mengurangi risiko stres, lemas, lesuh dan sedih. Apalagi kalau cokelatnya diberikan oleh orang yang spesial atau sahabat, pasti jauh terasa bahagia.

Terbukti secara ilmiah juga manisnya cokelat ini dapat membuat kamu merasa bahagia. Nah, dilansir dari fairafic, ada beberapa alasan yang membuat cokelat bisa bikin hati kamu tenang. Yuk simak ulasannya!

Kandungan di dalamnya

cokelat

Berdasarkan penelitian, cokelat mampu merangsang produksi endorphin yaitu sebuah bahan kimia di otak yang menciptakan rasa senang. Selain itu, kandungan serotonin, dan antidepresan yang ada pada cokelat dapat meningkatkan mood seseorang. Kandungan triptofan mengandung pesan kebahagiaan, dapat ditemukan di bubuk cocoa. Kandungan kafein memiliki efek yang merangsang dan meningkatkan suasana hati, yang dianggap sebagai perasaan bahagia.

Baca Juga: Bahagianya si Mama Cantik Marshanda Ngasuh Sienna, Ini 4 Gayanya

Kandungan anandamide dan phenylethylamine memiliki efek memabukkan, menyenangkan, dan menyegarkan. Menurut proyeksi oleh Universitas Cologne, rata-rata orang harus makan sekitar 20-30 kilogram cokelat agar benar-benar mabuk. Kandungan polifenol dan flavonoid memiliki efek meningkatkan sirkulasi darah pada otak. Otak dengan sirkulasi darah memiliki efek positif pada pembentukan hormon kebahagiaan.

Sementara itu, rasa manis gula tidak ada hubungannya dengan kakao. Tapi rasa manis dari olahan cokelat dapat merangsang pankreas untuk mengeluarkan insulin tubu, sehingga terasa segar.

Kebiasaan zaman dulu

Kebiasaan memakan cokelat yang dianggap dapat membuat Anda bahagia telah terjadi pada zaman dahulu. Sejak dulu cokelat dikenal menjadi makanan berkalori tinggi, tinggi lemak dan tinggi gula dapat membuat kenyang dan bahagia. Bahkan penemuan ini dipercaya sampai sekarang.

Suasana hati lebih baik

 cokelat

Mendapat hadiah cokelat dipercaya membuat orang jauh lebih bahagia. Oleh karena itu, cokelat dipercaya merupakan makanan mood yang baik, yang disebut mood food, yang membawa suasana hati lebih baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini