Hari Anak Nasional, Begini Cara Atasi Kecanduan Main Gadget pada si Kecil

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 23 Juli 2020 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 23 196 2250779 hari-anak-nasional-begini-cara-atasi-kecanduan-main-gadget-pada-si-kecil-zer3c7qdNN.jpg Atasi kecanduan main gadget pada anak (Foto : Parenting)

Sejak pandemi corona merebak, anak-anak diimbau untuk lebih sering berada di rumah. Akibatnya, anak-anak pun menggunakan gadget untuk mengatasi kejenuhan.

Ketika anak menggunakan gadget, kebanyakan mereka menggunakannya untuk bermain game online. Karena terlalu sering menggunakan gadget, anak-anak pun menjadi ketagihan.

Jika sudah seperti ini, anak-anak akan lupa waktu dan membantah orangtua. Bahkan mereka juga bisa lupa makan, lupa mandi, bahkan enggan beranjak dari posisi ternyaman.

Kendati demikian, hal tersebut mungkin kerap membuat orangtua jengkel. Akibatnya, orangtua akan memarahi si anak, bahkan ada beberapa kasus yang melakukan kekerasan ketika sedang menasehati anak.

Anak Main Gadget

Melansir situs resmi Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Kamis (23/7/2020), memarahi anak, apalagi melakukan kekerasan, sangat tidak boleh dilakukan oleh para orangtua.

Baca Juga : Anak Tajir, Raphael Moeis Putra Sandra Dewi Sejak Bayi Sudah Pakai Outfit Branded!

Sebaliknya, orangtua bisa mengajak anak untuk duduk berdampingan dan melakukan diskusi yang santai. Berikan edukasi kepada anak mengenai dampak yang akan dialami si kecil jika terlalu banyak bermain game online.

Selain itu, bangun komitmen yang baik dengan anak untuk membuat aturan mengenai penggunaan gadget. Dengan demikian, sang anak akan terbiasa menggunakan gadget dalam batas waktu yang wajar.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini