Hari Anak Nasional, IDAI Anjurkan Anak untuk Tetap di Rumah Saja

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 23 Juli 2020 11:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 23 196 2250826 hari-anak-nasional-idai-anjurkan-anak-untuk-tetap-di-rumah-saja-8oIUZ76TQF.jpg Anak belajar di rumah (Foto: My Kids Time)

Dokter Anak Aman B. Pulungan Sp.A(K), FAAP mengatakan, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menganjurkan agar anak-anak tetap beraktivitas di rumah saja selama pandemi Covid-19 masih berlangsung. Kalaupun harus keluar rumah, orangtua harus mendampingi anak dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

"Saat ini sekolah masih dilaksanakan secara daring. Ini bagus untuk anak-anak agar mereka tidak melakukan aktivitas di luar rumah," ujar Dokter Aman dalam acara memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2020 dengan tema Anak Terlindungi, Indonesia Maju, Kamis (23/7/2020).

 anak belajar dari rumah

Kalaupun harus keluar rumah, lanjut Dokter Aman, orangtua diimbau untuk selalu mendampingi anak dengan menjaga jarak fisik 2 meter dengan orang lain, menjauhi orang sakit. Anak juga harus mencuci tangan sesering mungkin, serta menghindari menyentuh mulut, mata, dan hidung.

"Anak-anak usia 2 hingga 18 tahun termasuk orang dewasa dianjurkan memakai masker. Kalau bisa ditambah dengan menggunakan face shield," tuturnya.

Sementara itu, IDAI juga mengimbau agar orangtua dan anggota keluarga tidak membawa anak-anak ke tempat umum. Terlebih yang sifatnya ada kerumunan.

Jika terdapat anggota keluarga yang melaksanakan kegiatan sehari-harinya di luar rumah seperti bekerja, pastikan mereka wajib melepas dan membersihkan semua perangkat yang digunakan atau dibawa ketika kembali lagi ke rumah.

 Baca juga: Hari Anak Nasional, Begini Cara Atasi Kecanduan Main Gadget pada si Kecil

"Jadi ketika tiba di rumah ada anak-anak, sebaiknya segera mandi dan keramas sebelum melakukan kontak dengan mereka," katanya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini