Hari Anak Nasional, Kenali Cara Melindungi si Kecil dari Aksi Penculikan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 23 Juli 2020 20:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 23 196 2251143 hari-anak-nasional-kenali-cara-melindungi-si-kecil-dari-aksi-penculikan-pegBcwLFmE.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BELAKANGAN ini, aksi penculikan anak kembali marak. Kurangnya pengawasan orangtua menjadi faktor utama terjadinya hal ini.

Menurut Psikolog Anak dan Remaja Vera Itabiliana Hadiwidjojo SPsi, pendampingan dan pengawasan orangtua terhadap anak memegang peranan penting untuk menghindari aksi penculikan. Karena umumnya anak-anak masih mudah terpengaruh.

"Pendampingan artinya anak ditemani orangtua dimanapun dia berada. Atau kalau orangtua sibuk, bisa meminta orang yang dipercaya untuk mengasuh anak. Khususnya untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun," ujar Vera ketika dihubungi Okezone pada Kamis (23/7/2020).

Vera melanjutkan, sedangkan pengawasan dilakukan agar orangtua mengetahui aktivitas apa yang dilakukan oleh si anak. Beri edukasi kepada anak agar selalu meminta izin ketika ingin bepergian.

Baca Juga: Beri Kado Mobil Mewah, 4 Gaya Pacaran Sehat Athalla Naufal dan Aisyah Aqilah Buat Netizen Baper

penculikan

"Pengawasan artinya orangtua tahu aktivitas apa yang dilakukan anak, bersama siapa dan dimana. Harus ada akses komunikasi yang mudah antar anak dan orangtua. Anak-anak juga harus meminta izin jika hendak bepergian dan dengan siapa dia pergi," jelasn Vera.

Di sisi lain yang tak kalah penting, ajarkan anak untuk menjaga dirinya sendiri dan tidak mudah terpengaruh oleh orang lain. Beri tahu mereka agar tidak berada dekat dengan orang asing.

"Ajarkan anak untuk menjaga dirinya sendiri. Misalnya jangan dekat-dekat dengan orang asing, jaga jarak minimal 1-2 meter sehingga tidak mudah dijangkau oleh penculik yang berpura-pura menanyakan alamat atau modus apapun," pungkas Vera.

(dwk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini