4 Manfaat Makan Pisang bagi Anak

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 24 Juli 2020 03:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 23 196 2251156 4-manfaat-makan-pisang-bagi-anak-L4fAGSyPLL.jpg Pisang buat anak (Foto: Pixabay)

Makan pisang rupanya memiliki banyak manfaatnya. Makanya sebaiknya anak-anak diberikan pisang untuk dikonsumsi.

Lalu apa saja sih manfaat pisang?

manfaat pisang

1. Baik untuk pencernaan

Serat dalam pisang membantu menjaga kesehatan pencernaan. Pisang juga mengandung serat pektin yang larut dalam air. Hal ini membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan mengubah karbohidrat menjadi gula sederhana yang dilepaskan. Karena itu, mengonsumsi pisang rutin membuat anak lancar buang air besar, sehingga mencegah masalah pencernaan. Selain itu, kandungan serat pisang membuat anak Anda tidak akan merasa lapar untuk waktu yang cukup lama.

2. Tulang kuat dan penglihatan sehat

Pisang adalah makanan kaya kalium yang menetralkan natrium daam diet anak, sehingga membuat tulangnya kuat. Selain itu, kalsium yang hilang saat buang air kecil dapat dilengkapi kembali karena mengonsumsi pisang. Selain itu, anak-anak yang doyan makan pisang juga memiliki penglihatan lebih baik. Hal ini karena kandungan vitamin A dalam pisang yang juga melindungi retina dari segala jenis penyakit.

3. Mencegah anemia

Kekurangan zat besi, di mana tidak adanya produksi sel darah merah menyebabkan anemia. Karenanya, diet anak harus mencakup zat besi, asam folat, vitamin B12 dan tembaga dalam jumlah cukup untuk pembentukan sel darah merah. Nah, pisang diperkaya dengan semua nutrisi tersebut, sehingga membantu dalam memproduksi hemoglobin. Kecukupuan zat besi akan mencegah Anak Anda terkena anemia.

Baca juga: Heboh Klepon Tidak Islami, Pemilik Foto Angkat Bicara!

4. Meningkatkan kekuatan otak

Pisang bisa menjadi bahan bakar yang baik untuk otak anak Anda. Kalium dalam pisang membantu sirkulasi darah, sehingga meningkatkan kekuatan otak. Pisang juga dapat meningkatkan daya konsentrasi anak. Sehingga, beri mereka pisang sebagai makanan ringan sebelum berangkat atau pelengkap bekal ke sekolah.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini