Cerita William Wongso soal Gordon Ramsay dan Masa Depan Kuliner Indonesia di "The Alpha Live"

Kamis 23 Juli 2020 08:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 23 298 2250738 cerita-william-wongso-soal-gordon-ramsay-dan-masa-depan-kuliner-indonesia-di-the-alpha-live-4Nt1iBjyWD.jpg

MAJALAH fesyen dan gaya hidup, HighEnd Magazine baru-baru ini merilis kampanye digital “The Alpha by HighEnd Magazine”. Kampanye digital ini menghadirkan deretan figur profesional, pionir, dan ahli untuk berbagi kisah, pengalaman, dan ilmu mereka melalui berbagai program digital yang dapat diakses dengan mudah di berbagai platform.

Selain sebagai bentuk penghargaan atas kontribusi dan keahlian figur-figur fenomenal di bidangnya, The Alpha dicetuskan sebagai penanda transformasi HighEnd Magazine sebagai New Media dan pergeseran visi di mana kami melihat ide dan kontribusi sebagai kemewahan yang paling tak ternilai.

Sebagai pembuka kampanye digital ini, HighEnd Magazine meluncurkan serial wawancara eksklusif bernama “The Alpha Live” melalui fitur Live Instagram di @highendmagazine. Grand launching dari serial The Alpha Live ini terdiri dari 3 episode perdana yang dibintangi oleh figur-figur prominen Indonesia. Tommy Tjokro (Seputar iNews RCTI News Anchor) dan Lysia Jessica (Editor-in-chief HighEnd Magazine) ditunjuk menjadi host acara spesial ini.

Setelah sebelumnya berbincang dengan pengusaha ritel luxury Irwan Mussry, HighEnd Magazine kembali dengan episode kedua “THE ALPHA LIVE” bersama William Wongso. Ahli kuliner dengan pengalaman lebih dari 6 dekade ini berbincang tentang masa depan perkembangan kuliner Indonesia dan suka duka beliau selama mempromosikan masakan Indonesia di mata dunia.

Bagi penulis buku kuliner Indonesia ini, Indonesia masih darurat tenaga pengajar untuk mengedukasi menu Indonesia. “Belajar masakan Indonesia itu mahal dan sulit dicari. Kebanyakan yang mampu mengambil program tersebut justru orang asing terkait bujet yang mahal tersebut. Di sisi lain, sulit untuk belajar keseluruhan kuliner Indonesia tanpa mencoba terlebih dahulu kearifan lokal dari setiap daerah,” jelasnya Wiliam Wongso.

 William Wongso

“Kita perlu memiliki Indonesia Culinary Center di Jakarta," tambahnya.

Melalui program “Indonesia Spice Up The World”, Wongso berniat untuk memopulerkan aplikasi bumbu ala Indonesia di Afrika sebagai bentuk diplomasi kuliner selanjutnya. Terkait alasannya, ia berujar, “Afrika sudah familiar dengan ‘Indonesian instant noodle’. Selain itu, Afrika masih terbuka dengan kuliner dari luar, berbeda dengan Prancis, misalnya, yang sudah amat percaya diri dengan tradisi kulinernya.”

Selain itu, pria bernama lengkap William Wirjaatmadja Wongso ini mengungkap kisah di balik perjalanan kulinernya bersama Gordon Ramsay di Tanah Minang. Belum lama ini, beliau dipercaya oleh National Geographic untuk mementori pembawa acara “Uncharted” ini tentang resep rendang autentik.

Terkait pendapat pribadinya tentang Gordon Ramsay, Wongso menangkap kesan ‘patuh’ dari chef yang dikenal galak tersebut.

“Dia (Ramsay) punya etika—dia paham betul bahwa dia tidak mengerti apa-apa soal masakan Indonesia. Maka dari itu, dia amat patuh terhadap saya; mengikuti setiap arahan yang saya berikan. Ia boleh jadi bersikap keras di acara lain karena ia amat menguasai bidang tersebut, namun soal masakan Indonesia ia “manut”. Kalau saya arahkan dia cara yang salah pun, dia akan tetap patuh,” kelakarnya.

Menutup perbincangan siang itu, William Wongso berbagi saran soal mengurangi food waste. Food waste merupakan isu kuliner global sementara rata-rata satu orang Indonesia ‘menghasilkan’ 400kg sampah makanan per tahun. “Kalau kita terus mengandalkan layanan pesan antar dan makanan jadi, tentu kita akan terus buang-buang makanan,” tegasnya.

William Wongso

“Kalau kita memasak sendiri, kita bisa menakar porsi dan bahan sendiri. Makan secukupnya, daur ulang resep dari makanan sisa—itu kuncinya," tuturnya.

Tonton episode kedua dari THE ALPHA LIVE bersama William Wongso secara penuh di tautan ini atau mengintip highlights episode kali ini di tautan ini. Episode-episode selanjutnya dari The Alpha Live bersama figur profesional dari bidang lainnya akan tayang segera di laman Instagram @highendmagazine.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini