Hari Anak Nasional, Ini 5 Tips Jaga Kesehatan Buah Hati Selama Pandemi Covid-19

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 23 Juli 2020 11:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 23 481 2250795 hari-anak-nasional-ini-5-tips-jaga-kesehatan-buah-hati-selama-pandemi-covid-19-suxrbicLy8.jpg Lindungi anak dari Covid-19 (Foto : Parenting)

Ada yang berbeda pada peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun ini. Pasalnya, HAN 2020 ini di tengah pandemi Covid-19.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan sebanyak 8,1 persen atau 7.008 pasien positif Covid-19 di Indonesia merupakan anak-anak.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza Kemenkes, dr Fidiansjah mengatakan, data tersebut per 19 Juli 2020. "Dari jumlah total kasus positif Covid-19, 8,1 persen di antaranya merupakan anak-anak," kata Fidiansjah di Graha BNPB, Jakarta, Senin 20 Juli 2020.

Dia merinci dari 7.008 anak-anak yang terinfeksi Covid-19, sebanyak 8,6 persen di antaranya dirawat di rumah sakit. Lalu, 8,3 persen sudah sembuh dan 1,6 persen meninggal dunia.

"Tentu data itu membuat kita berduka. Data ini bisa menjadi gambaran bagi Gugus Tugas," ujarnya belum lama ini.

Karenanya, orangtua harus lebih memperhatikan kesehatan anak agar imunitasnya terjaga, sehingga terlindungi dari Covid-19. Melansir Parents.com pada Kamis (23/7/2020), berikut tips untuk menjaga kesehatan anak.

Ajak anak berolahraga

Ibu dan Anak

Dokter Anak di RS Arnold Palmer Orlando Moorjani mengatakan, kurangnya aktivitas fisik merupakan penyebab utama obesitas dan penyakit pada masa kanak-kanak.

"Saya dan anak-anak mencoba pergi keluar jika cuaca cerah untuk mengajaknya berolahraga," tuturnya.

Baca Juga : Anak Tajir, Raphael Moeis Putra Sandra Dewi Sejak Bayi Sudah Pakai Outfit Branded!

Imunisasi

Imunisasi pada anak patut dilakukan agar melindungi anak dari penyakit. Dokter Moorjani mengatakan, dirinya mencoba untuk membuat jadwal untuk mengunjungi dokter guna mendapatkan vaksin.

"Setiap musim gugur saya membuat janji dengan dokter untuk melakukan vaksin bersama keluarga. Biasanya untuk flu shoot. Jadi tidak hanya anak-anak, tetapi kami pun juga di vaksin," ujarnya.

Cuci tangan sesering mungkin

Cuci tangan merupakan salah satu cara untuk menjaga kebersihan. Jika kita sudah pandai menjaga kebersihan diri, maka kesehatan tubuh pun akan terjaga.

Mencuci tangan sebaiknya dilakukan sebelum makan, sehabis dari toilet, menyentuh hewan peliharaan, batuk, bersih, atau sebelum memegang wajah.

Ajak anak-anak Anda untuk sering pergi ke wastafel guna mencuci tangan. Karena mencuci tangan adalah cara terbaik untuk mencegah penyebaran kuman.

Cuci Tangan

Berikan probiotik harian

Probiotik adalah bakteri hidup dan ragi yang baik untuk kesehatan, terutama sistem pencernaan Anda. Mereka juga sering disebut sebagai bakteri baik karena itu membantu menjaga usus Anda agar tetap sehat.

Penelitian terbaru menunjukkan hubungan antara probiotik dan sistem kekebalan tubuh, sehingga Dr. Znidarsic memberi anak-anaknya gummy probiotik harian untuk mendukung kesehatan sistem kekebalan tubuh.

"Jika saya melihat ada gejala penyakit pada anak, saya akan menambah dosisnya," katanya.

Pastikan anak berada di rumah ketika sakit

Dokter Moorjani mengatakan, jika anak-anaknya terserang demam atau pilek, ia akan menjaga mereka di rumah dan menemaninya beristirahat.

Memastikan anak-anak untuk berada di rumah ketika sakit dapat membantu anak untuk mempercepat pemulihan. Jika Anda membiarkan anak-anak bermain atau sekolah ketika sakit, itu juga bisa berpotensi untuk menularkan penyakit ke orang lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini