Bau Mulut saat Kenakan Masker, Ini 5 Cara Mengatasinya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 23 Juli 2020 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 23 481 2250991 bau-mulut-saat-kenakan-masker-ini-5-cara-mengatasinya-l0sYHbso1A.jpg Pakai masker (Foto: The Economic Times)

Selama pandemi Covid-19 masyarakat di seluruh dunia dianjurkan untuk mengenakan masker untuk menghindari infeksi penularan penyakit. Salah satu masalah yang kerap dialami oleh masyarakat selama menggunakan masker adalah bau mulut.

Meski terlihat sederhana namun, bau tak sedap dari mulut saat menggunakan masker akan sangat mengganggu. Merangkum dari Asia One, Kamis (23/7/2020), berikut lima cara menghilangkan bau mulut. Simak ya!

 pakai masker

1. Bernapas lebih sedikit menggunakan mulut

Sebagian orang tidak menyadari bahwa mereka lebih sering bernapas menggunakan mulut saat mengenakan masker. Cara ini menghasilkan mulut yang lebih kering, yang secara alami membuat napas Anda lebih berbau busuk.

2. Sedikit berbicara dan perbanyak konsumsi air

Berbicara dapat mengeringkan mulut karena air liur lebih sedikit tersisa di mulut. Menurut Konsultan Senior Dental Centre Singapore Departement of Restorative Dentistry, dr. Koh Chu Guan, air liur memiliki efek mencuci.

Oleh sebab itu orang yang lebih banyak berbicara cenderung memiliki bau mulut. Cara lain untuk mengatasi masalah mulut kering adalah dengan minum lebih banyak air dan menjaga mulut Anda tetap terhidrasi.

 

3. Perhatikan asupan makanan

Selain makanan yang menyengat secara alami, jenis makanan lain yang Anda konsumsi dapat menjadi penyebab bau mulut. Beberapa diantaranya disebabkan oleh diet rendah karbohidrat serta diet tinggi protein. Keduanya membuat tubuh memecah lemak untuk memperoleh energi sehingga melepaskan zat kimia yang berbau.

4. Bersihkan lidah dan seluruh mulut

Kebersihan mulut menjadi dasar yang sangat penting untuk mendapatkan napas segar. Selain menyikat gigi, Anda harus membersihkan gigi secara teratur. Menyikat lidah juga secara signifikan dapat mengurangi bau tak sedap karena sebagian besar bakteri bersarang di lidah. Tidak ada salahnya untuk menggunakan obat kumur anti bakteri secara teratur.

 Baca juga: Heboh Klepon Tidak Islami, Pemilik Foto Angkat Bicara!


5. Mengonsumsi mint untuk menghilangkan bau

Ini mungkin menjadi solusi yang paling mudah. Mengonsumsi permen mint dapat menyegarkan napas Anda. Permen mint juga dapat membawa efek segar ke hidung Anda.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini