Tips Menggunakan Lensa yang Benar bagi Pemula, Simak Ya

Mayang Magdalena Bengi, Jurnalis · Kamis 23 Juli 2020 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 23 611 2250904 tips-menggunakan-lensa-yang-benar-bagi-pemula-simak-ya-oI3EhTsGMR.jpg Memakai kontak lensa (Foto: Freepik)

Kontak lensa atau softlens merupakan alternatif pengganti kacamata bagi mereka yang memiliki masalah penglihatan. Selain itu, kontak lensa membuat mata kita semakin menarik karena memiliki berbagai pilihan warna.

Namun kebersihan kontak lensa harus terjaga agar mata tidak perih dan mengalami iritasi. Hal ini harus diperhatikan bagi pemula yang ingin menggunakannya. Namun tak perlu takut, jika Anda menggunakan kontak lensa dengan cara benar.

Selain kebersihan kontak lensa, ini dia hal yang harus diperhatikan bagi pemula!

kontak lensa

1. Santai

Pada pengalaman pertama kali, mungkin Anda merasa gugup dan khawatir. Akan ada benda kecil yang masuk dalam mata Anda. Bersikap santai pada pemasangan, buka mata anda kemudian posisikan kontak lensa yang benar. Jangan menggaruk mata bila gatal, itu dapat membuat soflens anda berpindah tempat hingga ke belakang mata.

2. Jaga kebersihan kontak lensa

Sebaiknya ikuti aturan dokter atau apotik, biasanya dokter akan menyuruh membersihkan kontak lensa menggunakan air lensa di setiap Anda melepaskan dan menyimpannya. Jika pemakaian di pagi hari sebaiknya Anda membilasnya lagi. kontak lensa bisanyanya diganti setiap 3 bulan, jika Anda kerepotan membersihkan, maka Anda bisa pakai kontak lensa sekali pakai

Baca juga: Heboh Klepon Tidak Islami, Pemilik Foto Angkat Bicara!

3. Terhidrasi

Anda harus memberikan asupan cairan yang cukup pada kontak lensa Anda. Pemakaian terlalu lama, menghabiskan banyak waktu di komputer dan terpapar udara panas atau dingin membuat mata kita kering hingga gatal. Gunakan air tetes yang disarankan, dan jangan memakai air sembarangan.

4. Ikuti rekomendasi dokter Anda

Jika Anda memiliki masalah penglihatan, sebaiknya ikuti petunjuk dokter. Pemakaian kontak lensa harus sesuai kebutuhan mata Anda.

Jangan mengganti produk lain yang mungkin tidak cocok dengan mata Anda, apalagi mengubah minus kontak lensa sembarangan.

 

5. Patuhi jadwal pemakaian dan penggantian

Hal yang harus dihindari adalah, menggunakan kontak lensa yang tidak sesuai dengan jangka waktunya. Jika masa pakai kontak lensa Anda hanya satu minggu, jangan memperpanjang sesuai aturan Anda.

Gunakan kontak lensa setiap hari 3-4 jam saja agar mata Anda tidak lelah dan jangan gunakan ketika Anda tidur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini