7 Tips Menjaga Kesehatan yang Harus Diterapkan di Tengah Pandemi

Agustina Wulandari , Jurnalis · Jum'at 24 Juli 2020 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 24 12 2251360 7-tips-menjaga-kesehatan-yang-harus-diterapkan-di-tengah-pandemi-XObAjPA11i.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Selama pandemi, Pemerintah sudah menerapkan kebijakan PSBB, termasuk menghimbau masyarakat untuk jaga jarak dan bekerja dari rumah. Kebijakan ini tentu saja mengharuskan sebagian besar orang untuk melakukan aktivitasnya di rumah saja.

Pola hidup normal baru mulai dilaksanakan secara bertahap. Normal baru merupakan fase hidup baru di mana masyarakat akan kembali beraktivitas seperti biasa, namun tetap menerapkan protokol kesehatan.

Terkait dengan kehidupan baru di tengah pandemi, berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah tertularnya virus:

1. Kebersihan Tangan

Berbagai bakteri hingga virus dapat menyebar dengan mudah karena kontak secara fisik. Kontak fisik yang paling sederhana adalah berjabat tangan.

Oleh karena itu, kebersihan tangan mesti benar-benar dijaga. Kemudian, cuci tangan menggunakan sabun atau minimal Hand Sanitizer untuk memastikan tangan kamu bersih.

2. Tidak Menyentuh Wajah

Area wajah, seperti mata, hidung, dan mulut bisa jadi gerbang yang mudah ditembus oleh virus yang ada di tangan kamu.

Oleh karena itu, buatlah tangan kamu bersih. Kalaupun memang sudah bersih, coba untuk tidak menyentuh wajah jika sudah ada di tempat umum.

3. Saat Bersin Tutup dengan Lengan Bagian Dalam

Ketika kamu bersin, sebaiknya tidak ditutup dengan telapak tangan bagian dalam saja, tetapi kamu mesti menutup wajah kamu dengan menggunakan lengan bagian dalam.

Hal ini terkait dengan telapak tangan yang bisa saja sudah lebih banyak terkena permukaan benda yang disinyalir tidak semuanya bersih. Oleh karena itu, gunakan lengan bagian dalam untuk menutup wajah saat bersin.

4. Menggunakan Masker

Sehat atau sakit, menggunakan masker akan jadi kebiasaan baru di periode normal baru. Hal ini terkait dengan anjuran berbagai pihak yang menyatakan penggunaan masker bisa mencegah paparan virus.

Jika kamu ingin keluar dari rumah untuk melakukan aktivitas, Masker jadi hal yang penting untuk kamu gunakan.

5. Menjaga Jarak

Fisik pastinya yang menjauhkan akan jadi hal yang terbawa-bawa sampai periode normal baru nanti. Kamu pasti akan mengingat orang lain. Hal ini menarik bagi anjuran dari pihak yang menyatakan ada jarak aman untuk bersosialiasi agar tidak terpapar virus berbahaya jika orang-orang ini adalah pembawa atau pembawa virus.

6. Isolasi Mandiri

Jika kamu memiliki gejala mirip dengan infeksi virus atau memang sedang tidak sehat, kamu bisa mengkarantina dirimu sendiri di dalam rumah. Karantina atau isolasi mandiri ini akan membantu banyak pihak.

7. Menggunakan Pelindung Wajah

Selain masker, perlengkapan penting yang harus kamu miliki dalam periode transisi menuju tatanan kenormalan baru, yakni penggunaan Face Shield untuk meminimalkan risiko penularan virus saat beraktivitas di luar rumah.

Pelindung wajah ini kini semakin marak diperjualbelikan di toko online, salah satunya Tokopedia, marketplace terbesar dan terpercaya di Indonesia.

Beli aneka produk pelindung wajah online terlengkap dengan mudah, cepat, dan aman di Tokopedia. Kamu bisa menemukan penjual pelindung wajah dari seluruh Indonesia yang terdekat dari lokasi dan wilayah kamu sekarang.

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini