Waspada 5 Penyakit Ini Intai Anak, Jangan Biarkan Sakit di Tengah Pandemi

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 25 Juli 2020 11:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 24 196 2251515 waspada-5-penyakit-ini-intai-anak-jangan-biarkan-sakit-di-tengah-pandemi-Wd2Fp7irA1.jpg Sakit pada anak (Foto: Shutterstock)

Sakit pada anak dianggap wajar karena sistem imun mereka belum berkembang sempurna, sehingga rentan terinfeksi virus dan bakteri. Meski begitu, ibu tetap perlu menjaga kesehatan anak agar tumbuh kembangnya optimal.

Melansir Healthy Children pada Sabtu (25/7/2020), berikut penyakit yang sering mengintai anak-anak.

 

1. Radang Tenggorokan

Biasanya, si kecil akan mengidap radang tenggorokan selama 10 hari. Umumnya, radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus tidak membutuhkan pengobatan antibiotik. Jika disebabkan oleh bakteri atau infeksi, dokter akan memberikan resep antibiotik sesuai anjuran.

Ilustrasi pemeriksaan anak 

Baca juga: Cegah Penularan, Perlukah Jenazah Suspek dan Positif Covid-19 Dibakar?

2. Sakit telinga

Nyeri telinga pada anak-anak dapat disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari infeksi telinga (ototos media), infeksi kulit di saluran telinga, pilek, sakit gigi, dan lain-lain.

Untuk mengetahui penyebabnya, sebaiknya bawa anak Anda ke dokter untuk mendapatkan diagnosa yang akurat. Jika sakit telinga disertai demam, maka dokter akan membuat resep antibiotik sesuai anjuran.

3. Alergi

Alergi merupakan penyakit umum yang menyerang anak-anak. Alergi akan membuat kulit si kecil terlihat memerah, gatal, bahkan kadang disertai flu dan demam.

Pencetusnya pun beragam, bisa dari faktor genetik, alergi susu, alergi obat, atau alergi makanan. Untuk mengetahui pencetus alergi, umumnya dokter akan melakukan tes kulit, baik usap maupun biopsi.

Ilustrasi sakit pada anak 

4. Flu

Flu disebabkan oleh virus di saluran pernapasan bagian atas. Anak-anak yang sering bermain di tempat penitipan bisa menderita 6 hingga 8 kali flu per tahun.

Gejala flu biasanya terdiri dari hidung tersumbat, pilek, batuk, hingga disertai demam (pada beberapa anak). Flu biasanya akan bertahan selama 10 hari. Untuk menghindari komplikasi, Anda bisa melakukan pemeriksaan di dokter.

5. Batuk

Selain flu, batuk juga disebabkan oleh virus. Umumnya batuk tidak membutuhkan pengobatan antibiotik.

Perlu Anda ketahui, obat batuk tidak dianjurkan untuk anak usia 4 tahun ke bawah kecuali disarankan oleh dokter. Ini dilakukan karena anak berusia 4 tahun yang mengonsumsi obat batuk non resep berpotensi menimbulkan efek samping yang serius.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini