False Morel, Jamur Beracun yang Jadi Hidangan Mewah

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 24 Juli 2020 23:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 24 298 2251749 false-morel-jamur-beracun-yang-jadi-hidangan-mewah-KGthyHiiv7.jpg Jamur beracun jadi hidangan mewah (Foto : Odditycentral)

Gyromita esculenta atau False Morel, adalah jamur Spring yang mengandung toksin dan karsinogen gyromitrin. Kandungan racun tersebut telah menjadikan jamur ini ilegal untuk dijual, namun dimasak di beberapa negara.

Meski beracun, masyarakat Finlandia menganggap jamur ini sebagai hidangan yang lezat. Jamur False Morel secara historis telah dikonsumsi di Eropa utara selama berabad-abad. Tapi ketika kimia dan obat-obatan berkembang, jamur ini menjadi semacam buah terlarang.

Hal itu karena bahaya apabila mengonsumsi gyromitrin. Gejala yang terkait dengan konsumsi racun dan karsinogen adalah sakit kepala, muntah, mual, pusing yang ekstrem, diare dan mampu menyebabkan kerusakan hati serius, bahkan kematian.

Jamur

Penjualan mereka di negara-negara seperti Swedia dan Norwegia dibuat ilegal tahun lalu. Tapi di Finlandia orang masih memakannya dengan penuh semangat. Belum lama ini Great Big Story menampilkan video yang menarik tentang popularitas False Morels di Finlandia.

Baca Juga : Terungkap! Ini Alasan Achmad Yurianto Punya Banyak Batik

Sebagaimana dilansir Oddity Central, Jumat (24/7/2020) jamur ini sebenarnya dapat diolah. Tapi Anda harus mengolahnya dengan benar supaya membuat mereka relatif aman dikonsumsi. Sebagian orang mengklaim bahwa gyromitrin yang menumpuk di sistem tubuh Anda dalam jangka waktu yang lama dan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Cara mengolah false morel adalah dengan mengirisnya menjadi setengah bagian dan harus dibilas dengan banyak air dingin. Sekira satu liter untuk setiap 50 gram jamur selama beberapa jam.

Jamur ini harus direbus dalam air dengan jumlah banyak setidaknya tiga bagian air untuk setiap satu bagian jamur selama sekira sepuluh menit. Selama langkah ini, orang yang memasak harus berhati-hati untuk tidak menghirup asap dari panci.

Dilaporkan udara saat merebus false morel dapat membawa gyromitrin. Setelah tahap pertama selesai, jamur harus dikeringkan dalam saringan dan dibilas dengan air dingin. Kemudian anda harus mengulangi langkah ini sebelum false morel dapat dikonsumsi atau digunakan sebagai bahan dalam berbagai hidangan.

Bahkan setelah melalui semua langkah ini, masih ada jejak gyromitrin dalam jamur, yang dapat menumpuk di tubuh seiring berjalannya waktu. Diyakini bahwa mengeringkan false morel dapat membuat jamur ini aman untuk dikonsumsi. Tetapi penelitian telah menemukan bahwa hal itu salah. Oleh karena itu, jamur kering harus diproses seperti jamur segar setelah dilarutkan.

Jamur

Keracunan gyromitrin dapat menyebabkan berbagai gejala gastrointestinal dan neurologis. Pada kasus yang parah menyebabkan kerusakan hati dan ginjal serta kejang dan koma, dan, dalam kasus yang ekstrim, bahkan kematian.

Meskipun bahaya yang ditimbulkan oleh makan ini cukup besar tapi, di Finlandia jamur ini digunakan sebagai bahan di restoran bintang Michelin. Bahkan jamur ini dijual sebagai makanan kalengan di supermarket.

Namun penjualan jamur ini diatur secara ketat oleh pihak berwenang. Tanda-tanda peringatan harus ditempatkan di lorong tempat mereka dijual, dan kemasannya harus berisi selebaran dengan instruksi proses dan cara memasak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini