4 Bahan Alami untuk Redakan Nyeri Kaki

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 25 Juli 2020 08:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 24 481 2251442 4-bahan-alami-untuk-redakan-nyeri-kaki-f8XW30BjWj.jpg Ilustrasi cedera kaki (Foto: Shutterstock)

Nyeri kaki bisa disebabkan oleh banyak hal. Seperti mengenakan sepatu hak tinggi, aktivitas fisik yang kuat, kondisi medis seperti radang sendi, obesitas, kerusakan saraf, kapalan, asam urat, dan masih banyak lagi.

Kondisi ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada penderita. Kondisinya pun beragam, mulai dari ringan hingga parah.

Agar nyeri kaki segera mereda, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami di bawah ini seperti dilansir dari laman Boldsky, Sabtu (25/7/2020):

Baca juga: Pakai Baju Ketat, 4 Pesona Maria Vania Makin Aduhai

1. Kunyit

Kunyit 

Sebuah studi mengakui khasiat curcumin, senyawa yang ditemukan dalam kunyit terhadap nyeri kaki terkait artritis. Aktivitas anti-inflamasi kunyit dapat membantu mengurangi nyeri radang pada sendi dan tulang dan gejala terkait kekakuan dan pembengkakan.

Caranya, masukkan kunyit ke dalam makanan Anda. Konsumsi kunyit sekira 8 gram per hari. Untuk radang sendi, cukup konsumsi kunyit dalam takaran 2 gram per hari.

2. Jahe

Jahe 

Dalam sebuah penelitian, mengompres bagian tubuh yang nyeri dengan jahe dapat meningkatkan kelenturan. Hangat yang dihasilkan jahe juga dapat membuat sendi kaki menjadi rileks.

Caranya, parut sepotong jahe dan tuangkan ke dalam mangkuk. Tambahkan sekira 2 cangkir air panas dan dua sendok makan bubuk kayu manis ke dalam jahe. Rendam selembar kain dalam larutan tersebut, peras kain tersebut dan kompres pada kaki. Ulangi proses ini selama sekitar 10-15 menit, setidaknya tiga kali sehari.

3. Cuka apel

Cuka Apel 

Cuka apel mengandung sekira 5-6 persen asam asetat. Sebuah penelitian berbicara tentang pemain sepak bola wanita berusia 15 tahun dengan plantar fasciitis (radang di bagian bawah kaki) yang berhasil diobati dengan iontophoresis asam asetat dalam waktu enam minggu, tanpa ada tanda-tanda gejala kembali hingga 2 bulan.

Studi ini memberikan gagasan bahwa cuka apel dapat menjadi salah satu solusi rumahan terbaik untuk meredakan nyeri kaki.

Caranya, konsumsi satu sendok teh cuka apel dengan madu setiap pagi. Selain itu, Anda bisa melarutkan cuka apel ke dalam air saat mandi, setidaknya selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air dingin.

4. Es batu

es batu 

Plantar fasciitis (PF) adalah nyeri kaki yang umum disebabkan oleh berjalan, berlari atau berdiri dalam waktu lama. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa memijat kaki menggunakan es batu dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh PF.

Caranya, gulung es batu dengan handuk dan letakkan pada kaki yang sakit selama 5 hingga 10 menit setiap hari. Anda juga bisa memijat kaki Anda dengan menggunakan es batu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini