Selain Bumbu Masak, Bawang Putih Bisa Bantu Redakan Nyeri Lho!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 24 Juli 2020 16:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 24 481 2251471 selain-bumbu-masak-bawang-putih-bisa-bantu-redakan-nyeri-lho-8XFXOEmVSc.jpg Bawang putih (Foto : Boldsky)

Kaki menopang berat tubuh Anda. Oleh karena itu, banyak dari kita yang mengalami nyeri kaki. Biasanya, nyeri kaki terjadi karena banyaknya aktivitas fisik yang dilakukan.

Umumnya, nyeri kaki bisa disembuhkan dengan obat yang terjual bebas di pasaran. Namun, jika nyeri kaki terlalu sering dialami, ada baiknya Anda mulai beralih ke pengobatan alami karena mengonsumsi obat berbahan kimia dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan efek samping lainnya.

Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk meredakan nyeri kaki. Melansir Boldsky, Jumat (24/7/2020), berikut 4 bahan alami yang dapat meredakan nyeri kaki.

1. Bawang putih

Bawang Putih

Dalam sebuah penelitian, 78 pasien dengan penyakit oklusi arteri perifer (PAOD) diberi bubuk bawang putih (400 mg) secara oral dua kali sehari. PAOD adalah suatu kondisi di mana pembuluh darah menyempit dan menyebabkan berkurangnya suplai darah di anggota tubuh yang menyebabkan nyeri kaki.

Hasilnya menunjukkan peningkatan rasa sakit kaki mereka saat berjalan setelah pemberian bawang putih selama dua belas minggu. Ini menunjukkan bahwa bawang putih bisa menjadi salah satu solusi rumahan terbaik untuk menghilangkan rasa sakit pada kaki yang terkait dengan PAOD.

Studi ini juga menyebutkan bahwa periode mengobati nyeri kaki dengan bawang putih bisa lebih dari 12 minggu. Caranya, hancurkan beberapa siung bawang putih dan campurkan dengan mustard atau minyak zaitun.

Gosok area dengan campuran tersebut. Anda juga bisa menambahkan sedikit bawang putih tumbuk dalam air hangat dan rendam kaki yang terkena selama sekitar 30 menit.

Baca Juga : Cegah Penularan, Perlukah Jenazah Suspek dan Positif Covid-19 Dibakar?

2. Mustard

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mustard dapat digunakan untuk memberikan bantuan terhadap banyak gangguan peradangan. Ini membantu mengurangi rasa sakit pada sendi tungkai yang disebabkan karena gangguan rematik.

Mustard juga digunakan sebagai analgesik untuk mengobati rasa sakit dan bengkak. Karena itu, obat ini dapat digunakan sebagai obat nyeri kaki yang efektif.

Caranya, siapkan mustard panas dan tambahkan sekitar satu ons biji mustard pada bak mandi. Tambahkan bijinya lima menit sebelum mandi. Rendam kaki yang sakit selama sekitar 30 menit dan istirahat.

3. Garam espom

Nama lain untuk garam Epsom adalah magnesium sulfat. Itu terdiri dari magnesium, oksigen dan sulfat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa garam Epsom memberikan bantuan terhadap rasa sakit dan peradangan. Efek analgesiknya juga membantu mengobati tukak kaki dan nyeri kaki pada penderita diabetes.

Garam Epsom berbeda dari garam dapur yang dapat menyebabkan diare jika dikonsumsi tidak sesuai takaran. Caranya, tambahkan garam epsom ke dalam air hangat. Rendam kaki selama 20-30 menit.

Garam

4. Minyak ikan

Asam lemak omega 3 yang terkandung dalam minyak ikan memiliki sifat analgesik dan anti-inflamasi. Ini dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit yang disebabkan oleh cedera saraf.

Minyak ikan dapat membantu dalam mengobati nyeri kaki yang disebabkan karena masalah seperti neuropati perifer, yakni suatu kondisi yang ditandai dengan mati rasa, nyeri dan kelemahan pada kaki dan tangan.

Caranya, konsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 seperti salmon dan tiram. Anda juga dapat mengonsumsi suplemen minyak ikan, tentunya setelah berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari efek samping.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini