Curhat Achmad Yurianto Jadi Jubir Covid-19 140 Hari Tanpa Libur: Makin Lama Makin Enak

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 24 Juli 2020 19:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 24 612 2251680 curhat-achmad-yurianto-jadi-jubir-covid-19-140-hari-tanpa-libur-makin-lama-makin-enak-8Q01bA34Oe.jpg Mantan Jubir Covid-19 Achmad Yurianto (Foto : BNPB)

Meski Achmad Yurianto pamit dari jabatannya sebagai Juru Bicara Penanganan Covid-19, dia tetap akan mengabdi pada masyarakat. Ya, di Kementerian Kesehatan, Yuri, sapaan akrabnya, masih menjabat sebagai Direktur Jenderal Penceghan dan Pengendalian Penyakit.

Tidak hanya itu, dia pun masih aktif menyampaikan informasi kepada masyarakat, seperti yang baru saja dia lakukan di Podcast Kemenkes. Dia bercerita banyak mengenai pengalamannya selama bertugas sebagai Jubir Covid-19.

Salah satu kisah yang cukup menarik dikulik adalah kerja tanpa libur. Ya, Yuri tak pernah sekalipun absen di masa kerjanya 140 hari. Dia selalu hadir di layar televisi pukul 15.30 WIB memberi tahu update angka kasus Covid-19 harian.

Jubir Pemerintah dalam Penanganan Covid-19

Pembawa acara di Podcast ini adalah Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Widyawati pun bertanya pada Yuri, 'apakah bapak stres?'. Yuri pun menjawab, "Tidak, saya tidak stres," katanya.

Baca Juga : Terungkap! Ini Alasan Achmad Yurianto Punya Banyak Batik

Lebih lanjut, dia ditanya terkait dengan respons keluarga seperti apa ketika kepala rumah tangganya itu kerja 140 hari tanpa libur. Dengan nada tenang dan logat Jawa yang khas, Yuri menjawab mereka menerimanya.

"Kultur keluarga kami adalah kumpul bersama dan Alhamdulillah, karena tugas itu, saya bisa pulang setiap hari," terangnya lalu tersenyum.

Bahkan, kerja 140 hari tanpa libur bagi Yuri menyenangkan. "makin lama makin enak, sehingga enggak mungkin kita membanggakan masa lalu, enakan sekarang," cerita Yuri lalu tertawa. Dia menegaskan, keluarga tak masalah dengan tugas tersebut.

"Lagipula, kan sekarang ada teknologi. Kita mau kabarin keluarga, cuma tinggal share loc aja," tambah dia.

Jubir Pemerintah dalam Penanganan Covid-19

Bicara mengenai bagaimana dia bisa bekerja totalitas seperti itu, Yuri mengaku menyontek cara kerja pemain sepakbola profesional. Menurut Yuri, mereka itu tidak mau terlihat letih, karena itu dipersiapkan dengan berlatih. Nah, kalau waktunya tidak bertanding, istirahat.

"Bagi saya tidur itu enggak mesti di kasur. Kalau saat perjalanan menuju kantor ada waktu tidur di mobil, ya, saya tidur barang 10 menit, sudah cukup," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini