Ada Klaster Perkantoran, Yuk Rajin Semprot Meja Kerja Pribadi dengan Disinfektan!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 25 Juli 2020 14:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 25 481 2251967 ada-klaster-perkantoran-yuk-rajin-semprot-meja-kerja-pribadi-dengan-disinfektan-yiZ6OfKOvM.jpg Ilustrasi. (Freepik)

JIKA banyak dari Okezoners sudah kembali bekerja di kantor, maka proteksi diri mesti ditingkatkan untuk mencegah adanya klaster perkantoran di lingkungan kerja Anda. Sebab, perkantoran menjadi salah satu area berisiko terpapar virus corona.

Untuk mencegah munculnya klaster perkantoran, ada beberapa hal yang mesti Anda lakukan. Tentunya yang paling dasar adalah menggunakan masker meski berada di dalam kantor, tidak rapat di ruangan tertutup, jangan mengonsumsi makanan di sembarang tempat, dan tidak berlama-lama di pantry kantor.

Meja kerja pribadi jadi area yang wajib diperhatikan demi mencegah adanya penularan Covid-19. Salah satunya adalah semprotkan cairan disinfektan ke arah keyboard sebelum mulai bekerja.

Baca Juga: Biar Enggak Bawa Virus Corona ke Rumah dari Kantor, Ada 6 Caranya Loh

meja kerja

Ya, mengingat virus corona dipercaya dapat menyebar lewat udara di ruangan tertutup, sesuai dengan pernyataan Badan Kesehatan Dunia (WHO), Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Indah Fitriani, SpPD, menyarankan Anda untuk membersihkan meja kantor terlebih dulu, termasuk keyboard. Hal ini wajib dilakukan sebelum mulai bekerja.

"Penting untuk para pekerja kantoran menyemprotkan cairan disinfektan ke keyboard atau meja kantor," papar dr Indah pada Okezone melalui pesan singkat, beberapa waktu lalu.

Dokter Indah menjelaskan, virus itu bisa menetap di benda-benda mati dan dengan menyemprotkan cairan disinfektan, kemungkinan besar virus akan mati.

"Walau pada kenyataannya tidak semua virus bisa mati dengan cairan disinfektan," sambungnya.

Di sisi lain, dr Indah memberi catatan bahwa bukan hanya menyemprotkan disinfektan ke keyboard dan meja kerja yang diperhatikan, tetapi yang menjadi penting adalah bagaimana Anda membersihkan alat kerja tersebut.

"Ya, cara membersihkannya pun harus benar, jangan asal. Sebab, bukannya niat membunuh virus, yang ada malah mentransfer virus ke area tangan atau tubuh. Malah bahaya," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini