Ini Ciri-ciri Orang yang Ingin Bunuh Diri, Apa Saja?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 26 Juli 2020 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 26 481 2252237 ini-ciri-ciri-orang-yang-ingin-bunuh-diri-apa-saja-FPwQAeLnHm.jpg Pria depresi (Foto: Pixabay)

Keinginan bunuh diri merupakan hal yang tak boleh diremehkan. Sebab keinginan bunuh diri terjadi karena seseorang mengalami tekanan hebat atau depresi berat di mana si pelaku sudah merasa tak kuat lagi dan putus asa sehingga ingin bunuh diri.

Namun, sebenarnya orang yang ingin bunuh diri sudah memberikan tanda-tanda. Sayangnya, tanda-tanda ini seringkali tidak dipahami oleh keluarga maupun teman dekat si korban.

 depresi

Jika Anda menemukan tanda-tanda berikut ini terhadap orang terdekat Anda, Anda bisa mulai mencegah orang terdekat agar tidak melakukan tindakan yang merugikan dirinya sendiri.

Melansir Webmd pada Minggu (26/7/2020), berikut 5 ciri-ciri orang yang ingin melakukan bunuh diri.

1. Murung dan sedih

Walaupun orang yang ingin melakukan bunuh diri sanggup menunjukkan kebahagiaannya, namun sesungguhnya mereka lebih banyak mengalami kesedihan. Kesedihan yang berlangsung lama ini dapat memicu kemurungan, perubahan suasana hati, serta amarah yang tidak terduga. Jika korban sudah tidak bisa mengendalikan emosinya, ada kemungkinan besar mereka melakukan bunuh diri.

 

2. Perubahan kepribadian

Seseorang yang memiliki niat untuk bunuh diri biasanya menunjukkan perubahan dalam sikap dan perilaku. Seperti mengerjakan sesuatu lebih cepat ataupun lebih lambat dari biasanya. Mereka juga cenderung tak peduli lagi dengan penampilan. Ini karena mereka sudah tidak peduli pada dirinya sendiri maupun orang lain.

 Baca juga: Segarkan Tubuh dengan Terapi Pijat, Sehatkah?

3. Tidak memiliki harapan

Tidak memiliki harapan adalah gejala umum pada orang yang menderita depresi. Pasalnya, orang-orang ini justru merasa terjebak terhadap suatu situasi. Selain itu, ketika memikirkan tentang bunuh diri, cenderung membuat orang dengan depresi memiliki perasaan negatif terhadap kondisi saat ini.

4. Melakukan sesuatu yang berbahaya

Sebelum mengakhiri nyawanya sendiri, orang-orang yang berencana bunuh diri akan melakukan perilaku berbahaya yang kemungkinan akan membuat dirinya celaka.

Seperti mengemudi ugal-ugalan, melakukan seks yang tidak aman, menggunakan obat-obatan terlarang, dan mengonsumsi alkohol. Hal ini dapat menunjukkan bahwa mereka tak lagi menghargai hidupnya.

 

5. Mengancam atau berbicara tentang bunuh diri

Dari 50% hingga 70% dari mereka yang mempertimbangkan bunuh diri akan memberi tanda-tanda kepada sahabat atau keluarganya. Seperti mengatakan, "Saya ingin bunuh diri saja." "Andai saya mati saja", atau "Andai saya tidak pernah dilahirkan."

Namun, tidak semua orang yang mempertimbangkan bunuh diri akan mengatakan demikian, dan tidak semua orang yang mengancam akan bunuh diri akan menindaklanjutinya. Setiap ancaman bunuh diri harus ditanggapi dengan serius.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini