Sepedaan di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Aturan Pakai Maskernya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 26 Juli 2020 11:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 26 481 2252243 sepedaan-di-tengah-pandemi-covid-19-ini-aturan-pakai-maskernya-BvtGURern6.jpg Naik sepeda (Foto: Okezone)

Saat ini banyak orang hobi bersepeda untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran di era new normal. Namun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan sebaiknya tidak menggunakan masker saat berolahraga, apalagi olahraga yang cukup berat.

Keringat dapat membuat masker lebih cepat basah dan membuatnya lebih sulit bernapas karena saat olahraga membutuhkan banyak oksigen. Sementara itu, keringat yang menempel di masker dapat mendorong pertumbuhan mikroorganisme seperti virus dan bakteri.

Meski demikian terdapat aturan bahwa masyarakat diwajibkan untuk menggunakan masker ketika keluar rumah atau berada di tempat umum. Oleh karena itu, saat bersepeda di area umum seperti Gelora Bung Karno (GBK) atau bunderan HI maupun tempat lainnya diwajibkan untuk menggunakan masker.

 naik sepeda

Dokter Paru Agus Dwi Susanto Sp.P (K) mengatakan, sebenarnya memakai masker saat bersepeda tetap bisa dilakukan. Asalkan intensitasnya saat bersepeda dikurangi.

"Olahraga di tengah pandemi ini kan tujuannya untuk kebugaran. Kalau untuk kebugaran baiknya berolahraga dengan intensitas rendah hingga sedang saja. Kalaupun olahraga bersepeda, ya naik sepedanya santai sajalah," ujarnya belum lama ini.

Dokter Agus menekankan, olahraga di tengah pandemi tentunya berbeda dengan keadaan normal. Kalau dulu olahraga bebas saja, sekarang ada protokol kesehatan yang harus dipatuhi.

"Olahraga tetap menggunakan masker dan menjaga jarak minimal 3 meter dengan orang lain," jelas Agus.

Jika lokasi Anda tinggal merupakan zona merah, Agus menyarankan, agar menggunakan masker yang longgar dan menggantinya secara berkala.

Baca juga: Ini Ciri-ciri Orang yang Ingin Bunuh Diri, Apa Saja?

"Bersepedalah menggunakan masker yang longgar yang tidak mengganggu kebutuhan olahraga. Bersepedanya santai saja," ujarnya.

Namun, lanjut Dokter Agus, kalau mau olahraga berat sebaiknya di dalam rumah saja sehingga tidak membutuhkan masker. Selain itu juga tak perlu bertemu orang lain.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini