5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Jika Temanmu Ingin Bunuh Diri

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 26 Juli 2020 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 26 481 2252253 5-hal-yang-tidak-boleh-dilakukan-jika-temanmu-ingin-bunuh-diri-RvOcLyEv0k.jpg Depresi dan ingin bunuh diri (Foto: NBC News)

Ketika salah satu teman Anda ada yang mengatakan ingin bunuh diri, memang sudah menjadi kewajiban untuk berusaha menyelamatkannya. Namun dibutuhkan trik khusus dalam menghadapi hal ini.

Alih-alih ingin membantu teman Anda mengurungkan niatnya bunuh diri, melakukan hal yang salah justru dapat memicu emosinya bangkit yang pada akhirnya mereka benar-benar melakukan hal tersebut.

Oleh karena itu, ada hal-hal yang tidak boleh Anda lakukan ketika berhadapan dengan teman yang ingin mengakhiri hidupnya sendiri. Melansir Evolve Treatment pada Minggu (26/7/2020), berikut 5 hal yang tidak boleh Anda lakukan ketika berurusan dengan teman yang ingin bunuh diri.

 teman ingin bunuh diri

1. Jangan menjanjikan kerahasiaan

Jika teman Anda meminta Anda untuk berjanji tidak memberi tahu siapapun bahwa mereka mau bunuh diri, jangan ikuti kemauan dia. Anda mungkin khawatir mereka akan marah, tetapi ini untuk kebaikan mereka sendiri.

2. Jangan berusaha menjadi terapisnya

Jika Anda tidak memiliki latar belakang dan kualifikasi yang cukup untuk membantu masalah teman Anda, jangan melakukan terapi kepada mereka dengan bersikap seolah-olah adan menjadi terapisnya. Teman Anda memerlukan profesional kesehatan mental belisensi untuk membantu mereka agar lebih efektif. Mencoba memainkan peran terapis dapat membahayakan Anda berdua.

3. Jangan bertanya terlalu detail

Jangan bertanya pada teman Anda detail mengenai mengapa mereka bisa seperti ini. Anda hanya cukup fokus kepada teman Anda yang merasa sakit dan ingin mengakhiri hidupnya. Anda bisa berbuat sesuatu yang membuat mereka merasa nyaman.

Baca juga: 4 Destinasi Wisata Alam di Majalengka, Bikin Mata Segar

Memaksa untuk membeberkan masalah pribadi yang memicu mereka untuk bunuh diri merupakan suatu hal yang salah. Itu dapat membuat mereka merasa tertekan, kesal, bahkan marah.

4. Jangan mengatakan, "Saya mengerti apa yang Anda alami."

Meskipun kedengarannya simpatik, tetapi sebenarnya itu merupakan hal yang salah. Bahkan jika Anda sendiri berjuang dengan depresi dan keinginan untuk bunuh diri, Anda tidak berada dalam posisi mereka. Anda tidak memiliki latar belakang yang sama dengan mereka.

Anda juga tidak memiliki keluarga yang sama, Anda tidak memiliki susunan genetik yang sama, Anda tidak memiliki pengalaman hidup yang sama. Jadi, bahkan jika Anda bisa membayangkan apa yang mereka alami, Anda benar-benar tidak tahu.

5. Jangan abaikan situasinya

Mengetahui teman Anda mau bunuh diri, Anda tak boleh merahasiakannya. Teman Anda mempercayai Anda, namun Anda punya tanggung jawab untuk meneruskan informasi ini kepada pakar kesehatan mental yang tepat.

Meskipun teman Anda marah karena Anda membocorkan rahasianya, biarkan saja. Fokus Anda adalah menyelamatkan kehidupannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini