Kantor Jadi Klaster Penyebaran Covid-19, Ini Protokol Kesehatan yang Harus Dilakukan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 26 Juli 2020 14:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 26 481 2252290 kantor-jadi-klaster-penyebaran-covid-19-ini-protokol-kesehatan-yang-harus-dilakukan-QRnlmNM4Qr.jpg Perkantoran (Foto: Pexels)

Akhir-akhir ini, perkantoran menjadi salah satu kluster penyebaran Covid-19. Umumnya, hal ini terjadi karena penerapan protokol kesehatan yang tidak dilakukan sebagaimana mestinya.

Seperti tidak adanya physical distancing dengan jarak 1 meter atau lebih, mencuci tangan dengan cara yang salah, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, para pekerja sebaiknya melaksanakan protokol kesehatan mulai dari keluar rumah hingga tiba di kantor.

Mengutip akun Instagram resmi Kementerian Perdagangan, Minggu, (26/7/2020), berikut ini yang harus Anda persiapkan saat hendak ke kantor. Apa saja ya?

 pakai masker

1. Gunakan masker dan face shield

Masker akan membantu mencegah percikan droplet ketika Anda bersin dan berbicara. Membawa masker ganti juga diperlukan untuk menggantinya ketika masker yang dikenakan sudah kotor. Menggunakan face shield sebagai tambahannya juga dapat melindungi wajah jika Anda mempunyai kebiasaan memegang wajah. Dengan demikian, perlindungan akan lebih maksimal.

 

2. Membawa baju ganti

Buat Anda yang menggunakan transportasi umum menuju kantor, usahakan bawa baju ganti ya. Karena kita tak pernah tahu jika kemungkinan ada kuman yang menempel di baju selama perjalanan.

3. Membawa sarung tangan

Jika Anda berpergian naik bis atau kereta yang biasanya selalu penuh. Sarung tangan ini mungkin Anda perlukan ketika Anda harus berpegangan pada tiang pegangan di bis atau kereta.

4. Membawa perlengkapan makan sendiri

Membawa makanan lengkap dengan peralatan dari rumah juga penting dilakukan. Hal ini dilakukan agar Anda tidak menyebarkan virus ke orang lain, ataupun tertular dari orang lain karena menggunakan alat makan secara bergantian.

 Baca juga: 4 Destinasi Wisata Alam di Majalengka, Bikin Mata Segar

5. Membawa hand sanitizer

Begitu tiba di kantor, segera mencuci tangan pakai sabun. Selain itu juga sediakan hand sanitizer di meja kantor yang bisa Anda pakai sewaktu-waktu. Dengan begitu, kebersihan tangan Anda tetap terjaga walaupun tidak sering mencuci tangan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini