Face Shield Bukan Pengganti Masker! Ini Fungsinya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 26 Juli 2020 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 26 481 2252304 face-shield-bukan-pengganti-masker-ini-fungsinya-HCWrtmpe2D.jpg Face shield (Foto:Inst Cinta Laura)

Saat pandemi Covid-19 merebak, masyarakat diimbau untuk menggunakan masker agar menghindari persebaran virus tersebut. Namun, baru-baru ini, penelitian menunjukkan bahwa virus corona juga dapat tertular melalui mata.

Hal ini membuat peneliti melakukan inovasi untuk membuat face shield. Saat ini, penggunaan face shield lebih disukai masyarakat karena dapat melihat gestur mulut saat berbicara. Namun, perlu diketahui bahwa face shield bukanlah pengganti masker.

 masker

Face shield dapat melindungi mata dari paparan droplet atau mengurangi kebiasaan seseorang mengucek mata. Ini berbeda dengan masker yang hanya melindungi area mulut dan hidung.

Namun, face shield tidak bisa menggantikan posisi masker. Masker lebih efektif melindungi mulut dan hidung dari paparan droplet. Sedangkan droplet masih bisa masuk melalui celah pada bagian bawah face shield.

Hal ini juga dibenarkan oleh Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 sebelumnya, Achmad Yurianto. Dia menegaskan, penggunaan face shield tanpa masker penutup mulut dan hidung tidak dapat memberikan perlindungan maksimal terhadap virus corona.

Baca juga: Ini Ciri-ciri Orang yang Ingin Bunuh Diri, Apa Saja?

Jadi, agar lebih aman dari paparan droplet yang dapat memicu Covid-19, lebih baik menggunakan face shield untuk melindungi bagian mata, dan juga menggunakan masker untuk melindungi bagian hidung dan mulut.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini