5 Makanan untuk Program Hamil yang Sehat, Apa Saja?

Vina Destya, Jurnalis · Minggu 26 Juli 2020 20:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 26 481 2252353 5-makanan-untuk-program-hamil-yang-sehat-apa-saja-s4P3gz04fH.jpg Program hamil (Foto: Times of India)

Program hamil merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh pasangan suami istri yang ingin mendapatkan keturunan. Bukan hanya langkah-langkah yang baik dan benar yang perlu diperhatikan namun asupan makanan pun harus disiapkan untuk mendapatkan kehamilan yang sehat.

Lalu apa saja sih makanan yang sehat untuk program hamil, simak ya!

beras merah

1. Makanan yang mengandung karbohidrat

Makanan yang mengandung karbohidrat cocok untuk jadi santapan ibu hamil. Contohnya mengonsumsi beras merah. Sebab ini membuat kondisi janin jadi sehat. Selain itu berat badan sang ibu hamil juga tetap terjaga dengan baik.


2. Makanan yang kaya protein

Makanan yang kaya protein sangat penting dikonsumsi selama kehamilan. Sebab pertumbuhan janin di dalam perut memang membutuhkan protein. Berbagai makanan yang kaya protein natara lain, ikan tuna, ikan salmon, telur, daging ayam, daging sapi, susu, kedelai.


3. Sayur-sayuran

Ibu hamil perlu makan berbagai jenis sayur-sayuran yang sehat. Sebab ibu hami membutuhkan banyak vitamin. Vitamin yang dibutuhkan antara lain Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B3, Vitamin B2, Vitamin B6. Vitamin ini juga penting bagi kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya.

4. Makanan yang mengandung berbagai jenis mineral

Saat seseorang hamil maka dia juga membutuhkan banyak mineral bagi dirinya sendiri dan janinnya. Ini dibutuhkan guna mencegah gangguan-gangguan kehamilan. Mineral yang dibutuhkan antara lain kalsium, zinc, juga zat besi.

 Baca juga: Ini Ciri-ciri Orang yang Ingin Bunuh Diri, Apa Saja?

5. Makanan yang punya kandungan asam folat

Perlu diketahui asam folat sangat penting bagi program kehamilan misalnya agar anak lahir sempurna badannya. Asam folat bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan yang ada antara lain, sayuran hijau, telur, jeruk, brokoli, hati ayam, pepaya, hati sapi, dan lainnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini