Ini Cara Bedakan Orang Mau Bunuh Diri Sungguhan dan Hanya Caper

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 26 Juli 2020 22:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 26 481 2252363 ini-cara-bedakan-orang-mau-bunuh-diri-sungguhan-dan-hanya-caper-KNY3wvxAMw.jpg Tanda orang ingin bunuh diri (Foto: Columbian College)

Terlalu lama mengalami depresi bisa menyebabkan seseorang memiliki keinginan bunuh diri. Keinginan bunuh diri muncul di saat korban sudah tidak memiliki harapan hidup.

Sementara itu, tak semua orang yang memiliki keinginan bunuh diri benar-benar depresi. Ada juga yang hanya sekedar mencari perhatian semata alias caper.

 merasa depresi

Psikolog Meity Arianty membeberkan cara membedakan bunuh diri sungguhan dengan mereka yang hanya mencari perhatian. Biasanya, saat seseorang serius ingin bunuh diri, mereka tidak terlalu banyak membuat drama seperti mencari perhatian dari teman-teman atau sosial media.

"Selain itu, seseorang yang memiliki niat bunuh diri akan terlihat sangat putus asa atau depresi serta tertekan, bahkan cenderung menarik diri dari lingkungan," jelas Meity saat dihubungi Okezone pada Minggu (26/7/2020).

Orang yang sangat bertekat untuk melakukan bunuh diri juga akan terlihat sangat putus asa dan depresi. Sering merasa tertekan, bahkan cenderung menarik diri dari lingkungan.

"Jadi wajahnya itu terlihat gelisah tapi ketika tampil di publik seolah baik-baik saja. Biasanya mereka juga lebih memilih untuk menyembunyikan niatnya, walaupun ada juga yang curhat ke temannya kalau mereka ingin bunuh diri," ujarnya.

 Editor Metro TV Yodi Prabowo Dimakamkan

Disisi lain, lanjut Meity, orang yang hanya sekedar mencari perhatian akan lebih sering mengumumkan kepada teman-temannya atau media sosial tentang niatnya yang ingin bunuh diri.

"Mereka yang hanya mencari perhatian cenderung bercerita di sosial media, menampilkan perilaku yang dibuat-buat, menyakiti dirinya namun tidak ekstrim dan beberapa tindakan lainnya yang tidak memberikan dampak besar bagi psikologis atau fisiknya," tuturnya.

Sementara itu, jika salah satu teman atau ada anggota keluarga yang mengancam ingin mengakhiri hidupnya, segera singkirkan benda-benda tajam yang dapat melukainya.

 Baca juga: Ini Ciri-ciri Orang yang Ingin Bunuh Diri, Apa Saja?

"Selalu awasi mereka, jangan sampai mereka sendirian. Mereka sangat membutuhkan support system. Berikan perhatian dan hubungkan dengan profesional (psikolog/psikiater)," pungkasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini