Mencicipi Kelezatan Mie Ongklok, Kuliner Wajib saat Liburan di Dieng

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 27 Juli 2020 20:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 27 298 2252974 mencicipi-kelezatan-mie-ongklok-kuliner-wajib-saat-liburan-di-dieng-FT9nP6vHBx.jpeg Mi Ongklok kuliner khas Dieng (Foto : Dimas/Okezone)

Liburan ke Dieng belum afdol kalau belum mencicipi mi ongklok. Kuliner khas Wonosobo, Jawa Tengah ini memang sangat mudah dijumpai di kawasan objek wisata tersebut.

Keunikan mi ongklok terletak pada tekstur kuahnya yang kental. Kuah mi ongklok terbuat dari campuran tepung tapioka, bawang merah, bawang putih, gula jawa, dan beberapa bumbu rempah.

Sedangkan untuk olahan mi-nya sendiri dibuat menggunakan keranjang kecil berbahan bambu yang biasa disebut ongklok. Dari sinilah nama mi ongklok didapatkan.

Mi Ongklok

"Pada proses pengolahannya, mi akan digoyang-goyang hingga menimbulkan bunyi ongklok-ongklok. Setelah matang, baru dicampurkan dengan kuahnya dan makanan pelengkap," kata Mbah Someri, juru masak di rumah makan Selera Raja saat ditemui Okezone di kawasan Dieng, Minggu 26 Juli 2020.

Lebih lanjut Someri menjelaskan, mi ongklok biasanya disajikan dengan irisan tahu bacem, sayur kol, dan potongan daun kucai. Kombinasi bahan-bahan tersebut menyuguhkan sensasi rasa manis dan gurih.

Ada beberapa cara untuk menikmati mi ongklok agar rasanya lebih nendang. Someri mengatakan, kebanyakan warga dieng menyantap mi ongklok dengan sate ayam dan tempe kemul (mendoan).

Mi Ongklok

"Kalau suka makan dengan sensasi kriuk, paling pas makan mi ongklok dengan tempe kemul," kata Mbah Someri.

Okezone pun berkesempatan mencicipi langsung kelezatan mi ongklok. Rasanya memang terbilang unik karena didominasi rasa manis dari gula jawa. Tekstur minya juga cukup lembut dan gurih, apalagi bila disantap berbarengan dengan potongan tahu bacem.

Mi Ongklok

Namun bagi Anda yang tidak terlalu suka makanan bercita rasa manis, sebaiknya memesan hidangan lain. Tak perlu khawatir, rumah makan Selera Raja juga menyuguhkan beberapa menu yang tak kalah lezatnya seperti nasi goreng, tongseng ayam, dan masih banyak lagi.

Nah, untuk harga mi ongklok sendiri dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Satu porsi mi ongklok dibanderol senilai Rp10 ribu saja. Murah bukan?

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini