Kangen Ingin Berlibur? Ayo, Uji Adrenalin Anda di Sungai Ciwidey!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 27 Juli 2020 17:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 27 406 2252858 kangen-ingin-berlibur-ayo-uji-adrenalin-anda-di-sungai-ciwidey-ryfKVDkV5g.jpg Arung jeram di Sungai Ciwidey (Foto: Inst Balebambuadventure)

Jejak-jejak peninggalan letusan gunung api Sunda Purba tersebar di seluruh Bandung, Jawa Barat. Salah satunya Sungai Ciwidey.

Lokasi objek wisata ini berada sekitar 50 km dari pusat kota. Tepatnya di Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung Selatan. Lokasinya berdekatan dengan lokasi wisata Kawah Putih, Situ Patengan atau Situ Patenggang, Pemandian Air Panas Ciwalini dan Ranca Upas.

Meski terbilang jauh dari pusat kota, namun pesona dan aktivitas wisata yang disuguhkan sangat memikat. Terutama bagi wisatawan yang hobi memacu adrenaline, Sungai Ciwidey adalah tempat yang wajib untuk disambangi.

 arung jeram

Di tempat ini, wisatawan dapat menjajal sensasi berarung jeram dan riverboard dengan track yang cukup menantang.

Bukan tanpa alasan, Sungai Ciwidey memiliki panjang sejauh 20 km berarus kuat, dengan banyak batu besar di tengah sungai, dan air terjun yang lebar sekitar 1 meter. Namun sebelum Anda menjajal olahraga ekstrem tersebut, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan.

Pertama, siapkan fisik dan mental, mengingat Anda akan bermain arung jeram di arus yang cukup deras. Jadi sebaiknya waspada ya.

Kedua, gunakan perlengkapan yang lengkap seperti pelampung dan helm untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Netizen Rindu Jubir Covid-19, Yuri: Saya Bersyukur

Bagi para pemula, pihak pengelola akan menyediakan pemandu wisata yang sudah menguasai medan, dan akan membantu Anda menaklukkan Sungai Ciwidey.

Perlu diketahui pula bahwa track arung jeram di tempat ini terbagi menjadi 3 kategori. Mulai dari 5 km, 11 km, dan 18 km. Bagi pemula memang disarankan untuk tidak mengambil track yang panjang.

Namun Anda tidak perlu berkecil hati, riak Sungai Ciwidey sangat menggoda untuk diarungi, dengan suguhan pemandangan alam yang begitu menggoda.

Sepanjang perjalanan, Anda akan disambut oleh jejeran dinding bebatuan yang artistik, udara sejuk, serta rimbunan pepohonan hijau nan asri.

Nah, bagi Okezoners yang tertarik mencoba arung jeram di Sungai Ciwidey, berikut beberapa pilihan paketnya, Rafting 7 km biaya Rp225 ribu, Rafting 15 km dan Paintball biaya Rp600 ribu, Rafting 18 km biaya Rp450 ribu.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini