Cara Tepat Desinfeksi Rumah saat Ada Anggota Keluarga yang Sakit

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 27 Juli 2020 12:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 27 481 2252606 cara-tepat-desinfeksi-rumah-saat-ada-anggota-keluarga-yang-sakit-E8Ef7tIPIv.jpg Desinfeksi rumah (Foto: Homedit)

Selama pandemi Covid-19 masih mengintai, desinfeksi rumah menjadi bagian penting yang wajib dilakukan. Desinfeksi bertujuan untuk membasmi kuman dan virus yang menempel di permukaan benda di rumah.

Terlebih jika ada anggota keluarga yang terkena Covid-19, batuk, atau pilek. Mereka disarankan untuk melakukan isolasi mandiri. Ini dilakukan agar tidak menularkan virus ke orang lain.

Melansir Times of India pada Senin(27/7/2020), berikut bagian-bagian yang harus dilakukan desinfeksi ketika terdapat anggota keluarga yang sakit.

 desinfeksi rumah

1. Barang-barang yang sering disentuh

Meski menyemprotkan desinfektan di permukaan barang yang sering disentuh merupakan bagian dari rutinitas, tetapi ini harus ditingkatkan ketika terdapat salah satu anggota keluarga yang sakit.

Mulailah dari barang-barang seperti gagang pintu, pegangan lemari es, remote control dan telepon seluler. Bersihkanlah dengan handuk atau tisu sekali pakai. Karena, jika menggunakan spons atau handuk yang berulang, bisa terjadi penyebaran kuman.

2. Kamar tidur

Ketika sakit, kita cenderung menghabiskan waktu beristirahat di kamar. Menghabiskan waktu di tempat tidur pada saat pilek atau demam dapat meninggalkan kuman atau bakteri di dalam kain.

Untuk menghilangkannya, cucilan sprei setelah digunakan. Jika ada boneka, mereka juga harus dibersihkan.

Baca juga: Netizen Rindu Jubir Covid-19, Yuri: Saya Bersyukur

3. Ruang tamu

Untuk mencegah kontaminasi di ruang tamu, tutup furnitur dengan lembaran yang bisa dicuci. Jika memungkinkan, atur kursi agar berjarak. Hindari penggunaan bantal hiasan di sofa dan bersihkan meja setiap hari.

4. Kamar mandi

Kamar mandi adalah tempat bagi kuman dan bakteri. Mereka harus dibersihkan secara teratur dengan desinfektan antibakteri. Jika Anda berbagi kamar mandi dengan orang yang sakit, maka penting untuk membersihkannya secara teratur.

Perlu diketahui, bahwa gagang pintu kamar mandi pun bisa menjadi sarana penularan bakteri dan virus. Untuk itu, bersihkan setiap hari termasuk area lantai dan wastafel. Selain itu, jangan berbagi handuk tangan dengan orang sakit karena dapat meningkatkan risiko infeksi.

5. Dapur

Sebaiknya, anggota keluarga yang sedang sakit tidak dianjurkan untuk membuat makanan sendiri karena dapat berpotensi terjadinya penularan. Selain itu, semua benda di dapur seperti meja, sandaran kursi, pegangan kulkas, dan laci harus dibersihkan dengan tisu dan semprotan desinfektan.

6. Laundry

Bersihkan handuk, selimut, dan pakaian orang sakit secara terpisah. Masukkan ke dalam mesin cuci dan bersihkan tangan Anda setelah itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini