14 Protokol Kesehatan saat Berada di Pasar agar Terhindar dari Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 27 Juli 2020 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 27 481 2252643 14-protokol-kesehatan-saat-berada-di-pasar-agar-terhindar-dari-covid-19-87kRbGhuY9.jpg Pergi ke pasar (Foto: Okezone)

Jumlah kasus Covid-19 kembali meningkat belum lama ini. Tentunya kenaikan kasus positif Covid-19 ini disebabkan oleh kebiasaan masyarakat yang masih belum mematuhi protokol kesehatan yang sudah dianjurkan pemerintah.

Saat ini pasar menjadi satu tempat yang paling memungkinkan dalam penyebaran Covid-19. Pasalnya pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli yang melakukan transaksi setiap harinya.

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), berikut 14 protokol kesehatan agar aman dari infeksi penyakit saat mengunjungi pasar pada masa pandemi Covid-19.

pasar

1. Sebelum ke pasar pastikan kita sehat dan fit untuk keluar rumah.

2. Susun daftar belanja dan pastikan kita cari informasi terlebih dulu tentang barang dan pedagang yang ingin kita datangi di pasar.

3. Bawa sendiri tas belanjaan kita dari rumah.

4. Pada fasilitas yang sudah disediakan di pasar, ingat cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik.

5. Biasakan cuci tangan dan gunakan hand sanitizer terutama setiap setelah selesai bertransaksi.

6. Pemeriksaan suhu tubuh sudah menjadi kewajiban di tempat umum termasuk di pasar. Apabila suhu badan kita di atas 37,3 derajat, maka sebaiknya tidak keluar rumah. Pastikan kita istirahat dan pulihkan kesehatan sebelum beraktivitas kembali.

7. Memakai masker ke pasar wajib hukumnya. Bawa masker ekstra untuk jaga-jaga maupun menawarkannya ke orang lain yang lupa bawa masker.

8. Saat ini arah berjalan kita di pasar diatur hanya satu arah. Ikuti petunjuk arah dan pesan di berbagai alat peraga.

9. Jaga jarak saat kita berada di dalam pasar.

10. Penerapan upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di pasar sangat membutuhkan peran pengelola pasar dan aparat dalam penertiban kedisplinan masyarakat pasar.

11. Usahakan ada dua jalur tangga. Pisahkan jalur tangga untuk naik dan jalur tangga untuk turun.

12. Apabila ada metode pembayaran digital atau non tunai sebaiknya digunakan. Karena ini lebih baik daripada kita kontak fisik langsung dengan orang lain. Tetapi apabila belum ada maka sebaiknya sediakan tempat khusus untuk meletakkan uang.

Baca juga: Netizen Rindu Jubir Covid-19, Yuri: Saya Bersyukur

13. Ketika kita berinteraksi di pasar, pastikan kita tidak menyentuh area wajah dengan tangan yang belum dapat dipastikan kebersihannya.

14. Atur waktu kunjungan ke pasar se-efektif dan se-efisien mungkin, cepat dan tepat sasaran.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini