7 Tips Hindari Sakit saat Cuaca Dingin

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 27 Juli 2020 13:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 27 481 2252690 7-tips-hindari-sakit-saat-cuaca-dingin-Eh84AkNM3p.jpg Dieng yang sangat dingin (Foto: Inst Wisata Semarang)

Tak terasa Indonesia hampir memasuki musim penghujan di 2020. Beberapa wilayah seperti di dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah sudah mulai merasakan cuaca dingin hingga terbentuk embun es.

Tentunya cuaca dingin yang tiba-tiba menyerang berbagai wilayah dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi manusia. Meski demikian kondisi tersebut dapat dicegah. Melansir Psychology Today, Senin (27/7/2020), yuk disimak tipsnya.

tidur cukup

1. Tidur yang cukup

Anda setidaknya harus beristirahat selama tujuh jam dalam semalam. Kurang tidur akan mengurangi kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi penyakit.

2. Makan dengan baik

Jangan pernah melewatkan sarapan, dan pastikan untuk makan tiga kali sehari. Setiap makan harus mengandung karbohidrat, sumber protein, dan buah atau sayuran.

Jangan bepergian tanpa makan atau sarapan karena akan membuat tubuh terasa lemas atau gemetar. Hindari makanan dan minuman yang bergula, karena gula terbukti memperlambat sel-sel kekebalan tubuh.

3. Berolahraga secara teratur

Meski hanya berjalan kaki, tapi kebiasaan ini akan memompa sirkulasi darah menuju seluruh tubuh dan meningkatkan fungsi kekebalan. Meski demikian jangan terlalu memaksakan tubuh apabila Anda jarang berolahraga.

Pasalnya tubuh Anda juga dapat menganggapnya sebagai stres yang melemahkan sistem kekebalan. Berlari keras dalam jarak jauh juga membuat tubuh Anda stres. Jika Anda merasa lelah dan kehabisan tenaga, jangan terlalu memaksakan diri.

Baca juga: Netizen Rindu Jubir Covid-19, Yuri: Saya Bersyukur

4. Rajin cuci tangan

Lakukan kebiasaan ini sebelum makan, terutama. Hindarilah menyentuh mulut, hidung atau mata dengan tangan yang belum dicuci, karena memiliki potensi virus dan bakteri masuk ke tubuh Anda.

Biasakan untuk tidak pernah makan apapun tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, dan selalu mencuci tangan terlebih dahulu ketika saya pulang setelah keluar rumah.

5. Mengurangi stres

Saat Anda tegang dan gelisah, tubuh Anda memompa hormon stres yang melemahkan kemampuan sistem kekebalan tubuh. Jika hidup Anda benar-benar sibuk, pastikan untuk secara teratur memberikan waktu untuk beristirahat.

6. Bersenang-senanglah

Tawa dan interaksi sosial yang positif, sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh. Habiskan waktu bersama orang yang Anda cintai. Bermain dan bersenang-senanglah, ingatlah untuk meluangkan waktu untuk menikmati kehidupan dan orang-orang tersebut.

7. Tetap dalam kondisi hangat

Penelitian menunjukkan bahwa suhu tubuh yang lebih hangat dapat mencegah penyebaran virus flu biasa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini