Waspadai Gejala Awal Gangguan Muskoloskeletal dan Ketahui Penanganannya

Mayang Magdalena Bengi, Jurnalis · Senin 27 Juli 2020 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 27 481 2252882 waspadai-gejala-awal-gangguan-muskoloskeletal-dan-ketahui-penanganannya-tf6iFiB84l.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PERNAH mengalami keseleo dan mengalami nyeri otot? Rasa sakit yang tidak nyaman hingga sulit beraktivitas. Bisa saja Anda mengalami cedera muskuloskeletal.

Nah cedera muskuloskeletal atau cedera yang terjadi pada tulang, sendi dan jaringan lunak. Rasa sakit pada jaringan penyangga tulang, diakibatkan dari patah tulang saat kegiatan berolahraga atau kecelakaan, luka tusuk, luka, infeksi hingga faktor degeneratif atau penuaan.

Baca Juga: Move On Usai Gagal Nikah, Cita Citata Nikmati Wisata Glamping Kekinian

nyeri otot

Sistem muskuloskeletal merupakan sistem pada tulang sendi dan jaringan lunak. Tulang terdiri dari 270 tulang saat lahir dan 206 tulang saat dewasa. Organ tulang berfungsi sebagai tempat melekatnya otot, menyangga tubuh dan tulang memiliki kemampuan sembuh yang sangat baik.

Adapun persendian merupakan pertemuan antartulang yang berfungsi sebagai engsel dan memungkinkan terjadinya pergerakan. Sedangkan jaringan lunak terdiri dari otot, saraf dan pembuluh darah.

Spesialis Orthopedi Siloam Hospitals Palangkaraya, Dr Donny Bastian, Sp.OT menjelaskan, rasa nyeri cedera muskuloskeletal diikuti dengan sejumlah tanda pada tubuh. Seperti perubahan bentuk dan perubahan panjang, timbulnya bengkak, memar dan tidak bisa digerakkan serta area tubuh yang cidera terasa hangat.

"Penanganan awal jika sudah terbukti mengalami cedera, maka dianjurkan meminimalkan gerakan dan cegah cedera lanjutan, istirahat, kompres air es, dibebat atau diganjal," ungkap Donny, lewat keterangan resminya, Senin (27/7/2020).

nyeri otot

Ditambahkannya, selain penanganan awal, Anda juga dapat menggunakan gel atau cream pereda rasa sakit. Jika berlanjut segera ke dokter orthopedi untuk mendapatkan penanganan yang lebih spesifik.

"Harus segera diatasi jika mengalami patah tulang , kecelakaan atau luka tusuk. Dalam penanganan tersebut, pihak kami tetap menjalankan prosedur protokol kesehatan dimasa new normal ini. Operasi diakibatkan cidera muskuloskeletal dapat dilakukan jika diperlukan", ujar Donny Bastian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini