4 Bahan Alami yang Dapat Mencerahkan Kulit Kaki, Apa Saja?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 27 Juli 2020 12:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 27 611 2252634 4-bahan-alami-yang-dapat-mencerahkan-kulit-kaki-apa-saja-85iMVbb9qv.jpg Merawat kaki (Foto: Women's Health)

Biasanya, sebagian orang hanya fokus merawat wajah. Tetapi lupa merawat bagian tubuh lainnya seperti kaki. Akibatnya seringkali kulit wajah dan kaki tidak senada warnanya.

Oleh karena itu, merawat kaki juga penting dilakukan. Jika Anda enggan merogoh kocek untuk membeli skincare, coba saja dengan bahan-bahan alami berikut ini. Mereka juga dipercaya dapat mencerahkan kulit kaki lho.

Melansir Boldsky pada Senin (27/7/2020), berikut 4 bahan alami yang dapat membantu mencerahkan kulit kaki Anda.

 kulit jeruk

1. Kulit jeruk dan susu

Kulit jeruk adalah zat pemutih alami yang dapat mengurangi bintik-bintik gelap serta mencerahkan kulit kaki Anda. Sedangkan susu memiliki zat yang eksfoliasi serta melembabkan kulit yang dapat meningkatkan kecerahan kaki Anda.

Caranya, masukkan 2 sendok makan kulit jeruk dan susu bubuk sesuai kebutuhan di dalam suatu wadah. Campurkan bahan-bahan tersebut hingga menghasilkan pasta yang halus. Aplikasikan di kulit dan diamkan selama 20 menit, kemudian bilas hingga bersih.

2. Tepung gram dan air mawar

Tepung gram adalah bahan pemutih kulit yang dikenal yang membantu membersihkan pori-pori secara menyeluruh dan mencerahkan kulit. Sementara air mawar memiliki sifat astringent yang mengembalikan keseimbangan pH kulit dan membuka pori-pori kulit untuk membuat kaki Anda cantik dan cerah.

Caranya, campurkan 4 sendok makan tepung gram dan air mawar secukupnya hingga menjadi pasta yang bertekstur kental. Oleskan pasta tersebut di kaki secara menyeluruh. Diamkan sampai kering, bilas hingga bersih.

3. Kentang

Kentang mengandung vitamin C yang mampu menghambat produksi melanin berlebih di kulit sehingga kulit menjadi lebih cerah.

Caranya, kupas dan parut 1 buah kentang. Usapkan parutan tersebut di kaki Anda. Diamkan selama 10-15 menit. Bilas menggunakan air hingga bersih.

Baca juga: Netizen Rindu Jubir Covid-19, Yuri: Saya Bersyukur

4. Tomat

Tomat mengandung likopen dan antioksidan yang memiliki efek mencerahkan kulit. Caranya, ambil 1 buah tomat, belah menjadi 2. Gosokkan kedua belah tomat tersebut ke masing-masing kaki Anda. Biarkan selama 20 menit. Cuci kaki Anda sampai bersih dengan air.

(DRM)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini