Petani Tak Sengaja Temukan Kura-Kura Langka, Warnanya Kuning!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 27 Juli 2020 23:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 27 612 2252963 petani-tak-sengaja-temukan-kura-kura-langka-warnanya-kuning-HDbtMlzDRI.jpg Kura-kura albino (Foto : VT)

Seorang petani di India telah menemukan kura-kura albino berwarna kuning yang sangat langka. Kondisi yang luar biasa ini diyakini para ilmuwan disebabkan oleh adanya kelainan bawaan pada hewan.

Basudev Mahapatra melihat kura-kura itu saat dia bekerja di ladangnya di desa Sujanpur, yang terletak di distrik Balasore, Odisha. Setelah menemukan, Mahapatra menyerahkan kura-kura yang tampak mencolok itu kepada petugas hutan.

Petugas hutan itu pun kemudian memanggil ahli konservasi untuk memeriksa makhluk tersebut. Dipercayai bahwa kura-kura tersebut adalah albino. Kabarnya penampilan kura-kura yang sangat langka ini disebabkan oleh beberapa jenis kelainan bawaan. Video kura-kura dibagikan di media sosial Twitter, dengan caption.

Kura-Kura Kuning

"Kura-kura kuning langka ditemukan di India pada 19 Juli 2020. Kura-kura itu diserahkan kepada pejabat hutan. Para ahli satwa liar mengatakan itu mungkin merupakan mutasi albino dari suatu kura-kura biasa,” melansir dari VT, Senin (27/7/2020).

Baca Juga : 4 Pesona Wika Salim Naik Motor Gede Bikin Cowok Terpana, Siapa Mau Dibonceng?

Direktur eksekutif di Asosiasi Konservasi Keanekaragaman Hayati, Siddhartha Pati, mengatakan ini adalah pertama kalinya dia melihat kura-kura sejenis ini.

"Ini adalah kelainan bawaan dan ditandai dengan tidak adanya sepenuhnya atau sebagian pigmen tirosin. Kadang-kadang terjadi mutasi dalam urutan gen atau ada kekurangan tirosin,” terang Pati.

Ia mengaku menemukan kura-kura dan kepiting tersebut secara teratur dan menyelamatkan mereka serta melepaskannya ke dalam air. Tapi ini adalah pertama kalinya di Odisha dan kedua kalinya di India bahwa kura-kura albino telah ditemukan. Setelah para ahli mempelajari kura-kura, kura-kura itu, hewan mungil ini pun dilepaskan kembali ke alam liar.

Kembali pada 2016, kura-kura albino hijau langka ditemukan di pantai Australia dalam kondisi baru menetas. Relawan dari Coolum dan North Shore Coast Care dijuluki makhluk kecil Little Alby.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini