Share

Petani Tak Sengaja Temukan Kura-Kura Langka, Warnanya Kuning!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Okezone · Senin 27 Juli 2020 23:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 27 612 2252963 petani-tak-sengaja-temukan-kura-kura-langka-warnanya-kuning-HDbtMlzDRI.jpg Kura-kura albino (Foto : VT)

Seorang petani di India telah menemukan kura-kura albino berwarna kuning yang sangat langka. Kondisi yang luar biasa ini diyakini para ilmuwan disebabkan oleh adanya kelainan bawaan pada hewan.

Basudev Mahapatra melihat kura-kura itu saat dia bekerja di ladangnya di desa Sujanpur, yang terletak di distrik Balasore, Odisha. Setelah menemukan, Mahapatra menyerahkan kura-kura yang tampak mencolok itu kepada petugas hutan.

Petugas hutan itu pun kemudian memanggil ahli konservasi untuk memeriksa makhluk tersebut. Dipercayai bahwa kura-kura tersebut adalah albino. Kabarnya penampilan kura-kura yang sangat langka ini disebabkan oleh beberapa jenis kelainan bawaan. Video kura-kura dibagikan di media sosial Twitter, dengan caption.

Kura-Kura Kuning

"Kura-kura kuning langka ditemukan di India pada 19 Juli 2020. Kura-kura itu diserahkan kepada pejabat hutan. Para ahli satwa liar mengatakan itu mungkin merupakan mutasi albino dari suatu kura-kura biasa,” melansir dari VT, Senin (27/7/2020).

Baca Juga : 4 Pesona Wika Salim Naik Motor Gede Bikin Cowok Terpana, Siapa Mau Dibonceng?

Direktur eksekutif di Asosiasi Konservasi Keanekaragaman Hayati, Siddhartha Pati, mengatakan ini adalah pertama kalinya dia melihat kura-kura sejenis ini.

"Ini adalah kelainan bawaan dan ditandai dengan tidak adanya sepenuhnya atau sebagian pigmen tirosin. Kadang-kadang terjadi mutasi dalam urutan gen atau ada kekurangan tirosin,” terang Pati.

Ia mengaku menemukan kura-kura dan kepiting tersebut secara teratur dan menyelamatkan mereka serta melepaskannya ke dalam air. Tapi ini adalah pertama kalinya di Odisha dan kedua kalinya di India bahwa kura-kura albino telah ditemukan. Setelah para ahli mempelajari kura-kura, kura-kura itu, hewan mungil ini pun dilepaskan kembali ke alam liar.

Kembali pada 2016, kura-kura albino hijau langka ditemukan di pantai Australia dalam kondisi baru menetas. Relawan dari Coolum dan North Shore Coast Care dijuluki makhluk kecil Little Alby.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini