Ganti Musim Kemarau, 6 Cara Ini Bikin Rumahmu Terasa Sejuk

Anabel Lerric, Jurnalis · Selasa 28 Juli 2020 12:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 28 196 2253210 ganti-musim-kemarau-6-cara-ini-bikin-rumahmu-terasa-sejuk-AJ4EeUmiGr.jpg Ilustrasi. (Foto: Spruce)

SAAT ini Indonesia sedang memasuki musim kemarau. Maka bagi Anda yang berada di rumah saja, harus mencari cara supaya merasa sejuk dan nyaman selama berada di dalam rumah.

Nah, mandi berulang kali atau meminum air es sesering mungkin sepertinya kurang membantu.

Lalu apa yang Anda akan lakukan untuk membuat diri Anda tetap tenang di musim kemarau ini?

Mungkin Anda bisa saja duduk manis di bawah AC. Namun, apakah Anda akan terus menerus berdiam diri di bawah AC sepanjang hari selama musim kemarau ini?

Tentu itu akan membuat Anda sakit. Anda juga tidak bisa terus menyalakan AC 24 jam dalam seminggu, itu akan membuat tagihan listrik anda melonjak di akhir bulan.

Baca Juga: 5 Pose Dokter Gigi Cantik Nina Agustin Tanpa Baju APD Fashionable, Kece Lho

Anda harus menjaga rumah Anda agar tetap sejuk walaupun sedang di musim panas, dengan begitu maka Anda bisa mengalahkan musim panas dan menghemat kantong.

Yuk simak untuk mengetahui cara agar rumah tetap sejuk alami seperti dilansir dari Boldsky.

1. Ventilasi alami

ventilasi

Amati bagian mana dari rumah Anda yang paling lapang. Perhatikan dari arah mana angin bertiup ke arah rumah Anda. Jika Anda mengetahui hal ini, Anda dapat membiarkan jendela tetap terbuka di sisi itu dan rumah Anda akan menjadi sejuk karena Anda mempunyai ventilasi untuk siklus udara keluar dan masuk.

2. Tetap buka jendela

Bukan di siang hari, tapi setelah matahari terbenam. Musim panas di negara kita membawa angin panas pada siang hari, yang dapat menyebabkan sengatan matahari. Tetapi setelah matahari terbenam, ketika suhu sedikit berkurang, angin sejuk dan sering badai yang menyejukkan datang bersama hujan. Buka jendela Anda di malam hari untuk membiarkan udara masuk ke dalam.

3. Menggunakan sprei putih

rumah idaman

Bahan tebal dari seprai dan kain pelapis dapat membuat Anda berkeringat, bahan putih atau berwarna tidak menyerap panas dan memantulkannya. Selain itu, mereka memberikan efek menenangkan ke kamar Anda juga.

4. Harus pintar mengatur ruang

Berkonsentrasi pada ruang rumah Anda. Tempatkan pohon, anggur dan semak-semak agar rumah Anda tetap sejuk. Tanam pohon rindang di arah timur-barat untuk mencegah sinar matahari langsung masuk ke rumah Anda. Tanam rumput di sekitar rumah Anda untuk mendapatkan efek dingin.

5. Atap putih

kamar

Warna putih memang selalu berhasil untuk menampilkan hal minimalis dan membuat sejuk ruangan. Maka, hal ini dianggap sebagai salah satu proses terbaik untuk menjaga rumah tetap dingin di musim panas secara alami, terutama di kota-kota metropolitan. Putih dianggap memantulkan sinar UV matahari dan memberi rumah Anda efek pendinginan secara alami. Jadi, orang-orang sekarang mengecat atap dan area teras mereka dengan warna putih.

6. Membuat AC dengan cara sendiri

Simpan semangkuk es batu di bawah kipas dan nyalakan kipas. Saat es mencair, udara akan mengambil air dingin dan mengedarkannya ke seluruh ruangan. Ini akan secara otomatis mengedarkan udara dingin. Ini adalah cara menjaga rumah Anda sejuk di musim panas secara alami.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini