Jangan Bersedih, Berikut Cara Menenangkan Diri karena Batal Menikah

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 28 Juli 2020 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 28 196 2253283 jangan-bersedih-berikut-cara-menenangkan-diri-karena-batal-menikah-OIuDw2MevJ.jpg Sedih batal menikah (Foto: Medium)

Batal menikah bisa dipicu oleh beberapa faktor. Mulai dari salah satu pasangan yang ragu untuk melangkah ke jejak sakral itu, hubungan yang tidak direstui orangtua, bahkan sang kekasih yang meninggal dunia.

Hal ini tentu membuat siapa saja yang mengalaminya menimbulkan rasa sedih yang hebat, syok, kecewa, hingga berujung pada stres dan depresi. Untuk itu, perlu kiat-kiat khusus guna menenangkan diri pasca batal menikah.

Psikolog Meity Arianty memberikan tips-tips untuk menenangkan diri karena batal menikah.

sedih

1. Me time

Me time atau memberi ruang dan waktu pada diri sendiri usai batal menikah penting dilakukan guna mencegah depresi. Stres berkepanjangan dapat memicu depresi. Oleh karena itu luangkan waktu untuk me time agar Anda bisa berpikir jernih untuk bangkit melawan kesedihan ini.

2. Beri batasan

Agar tidak terjadi fase sedih berkepanjangan yang dapat memicu depresi, beri batasan pada diri Anda untuk rasa kecewa yang Anda alami. Bersedih boleh saja, tetapi bersedih tanpa batas tentu dapat menyakiti diri Anda.

3. Berpikir rasional

Setelah menangkan diri, cobalah untuk berpikir rasional bahwa semua yang terjadi di dunia ini tak selalu sesuai keinginan. Semua yang terjadi dalam hidup kita ada unsur campur tangan Tuhan. Jadi, jangan menyalahkan keadaan terus-menerus yang hanya membuat Anda semakin terpuruk.

4. Lakukan kegiatan yang menyenangkan

Setiap orang punya cara masing-masing untuk membuat dirinya tenang. Ada yang memilih untuk berdiam diri di rumah, jalan-jalan, menonton tv, olahraga, atau bahkan beribadah. Lakukanlah sesuatu yang Anda senangi asalkan hal tersebut positif dan tidak menyakiti diri Anda sendiri.

Baca juga: Pengen Liburan ke Candi Arjuna? Ikuti Sederet Protokol Kesehatan Ini Yuk

5. Meditasi

Meditasi merupakan kegiatan yang dipercaya ampuh untuk menenangkan pikiran. Anda bisa memilih jenis meditasi sesuai yang Anda inginkan. Bisa dengan relaksasi salat, yoga, atau pun berdoa.

(DRM)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini