Jadi Bucin Itu Berat, Ini 6 Cara Mencegahnya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 28 Juli 2020 16:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 28 196 2253465 jadi-bucin-itu-berat-ini-6-cara-mencegahnya-wQKwrTtdbr.jpg Jadi bucin (Foto: Elite Daily)

Kadang kita terlalu mencintai orang lain secara berlebihan alias menjadi budak cinta (bucin). Akibatnya kita malah tersiksa sendiri, misalnya selalu merasa takut kehilangan dia, takut ditinggalkan.

Akibatnya, saat jadi bucin kita menjadi lebih posesif kepada pasangan dan sangat takut kehilangan hingga rela melakukan apapun demi pasangan. Di sini logika sudah mulai tumpul.

"Harus diketahui, cinta remaja pun sering kali berujung pada hal yg di luar nalar karena remaja sendiri memang tidak berpikir panjang, mereka cenderung mengikuti hawa nafsu dan semaunya. Jadi, logikanya tumpul," terang Psikolog Mei pada Okezone.

Nah lalu bagaimana sih agar kamu tak jadi bucin. Simak ya!

 mencintai diri sendiri dengan traveling

1. Cintai diri sendiri

Hal pertama yang sangat penting dilakukan agar tak menjadi bucin adalah mencintai diri sendiri. Kita harus memahami yang wajib mencintai diri sendiri adalah diri kita sendiri, bukan pacar. Mencintai diri sendiri berarti kita mampu menerima kekurangan dan kelebihan diri sendiri dengan lapang dada dan penuh ras syukur.

2. Menjadi diri sendiri

Saat kamu bersama dengan orang yang kamu cintai alias pacarmu, jadilah dirimu sendiri. Jangan memaksakan diri jadi orang lain agar dicintai pacarmu. Kalau pacarmu meninggalkanmu karena kamu menjadi diri sendiri, sadarilah bahwa dia memang bukan jodohmu. Dibawa santai saja.

Baca juga: Pengen Liburan ke Candi Arjuna? Ikuti Sederet Protokol Kesehatan Ini Yuk

3. Menjadi pribadi yang mandiri

Meski berpacaran, kamu tidak boleh tergantung dengan pacarmu. Kamu harus bisa melakukan apa-apa sendirian tanpa dirinya. Jadi suatu ketika saat pacarmu tak ada untukmu, kamu tidak lumpuh alias sampai tak bisa melakukan apa-apa. Makanya bersikaplah mandiri, jangan apa-apa minta ditemani pacar!

4. Punya kesibukan

Kamu punya kesibukan sendiri, entah pekerjaan atau hobi. Jadi fokusmu tidak hanya memikirkan pacarmu. Dengan punya kesibukan waktumu akan lebih produktif. Daripada cuma sibuk memikirkan pacar seharian, tidak ada gunanya.

5. Jangan pernah mengemis cinta

Jangan pernah mengemis cinta kepada pacarmu, apalagi gebetanmu. Kalau dia sudah menunjukkan kehilangan cintanya kepadamu ya biarkan saja. Tak perlu kamu meneror dia dengan mengemis cintanya, apalagi sampai maksa dan nangis-nangis. Dibawa santai saja, kalau dia tak mau lagi denganmu, ya santai saja. Sebab jodoh pasti akan menemukan jalannya.

6. Tak usah takut ditinggalkan

Kamu tak usah takut ditinggalkan. Rasa takut ditinggalkan ini malah berbahaya sebab kamu jadi rela melakukan apa saja demi menyenangkan pacarmu, bahkan kalau dia meminta seks. Kamu harus mampu melawan rasa takutmu, dan yakin Tuhan pasti akan memberikan jodoh yang terbaik, jadi kamu tak perlu takut pacarmu meninggalkanmu. Kalau dia meninggalkan, berarti dia bukan yang terbaik.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini