7 Tips Aman dari Covid-19 saat Belanja di Supermarket

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 28 Juli 2020 16:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 28 298 2253462 7-tips-aman-dari-covid-19-saat-belanja-di-supermarket-UvkbjFbVxn.jpg Ilustrasi. (Foto: Thegrocer)

BELANJA di supermarket jadi rutinitas yang tak pernah dilewatkan masyarakat. Di supermarket segala kebutuhan rumah tangga akan terpenuhi.

Nah, selama pandemi Covid-19, sebagian masyarakat tentu khawatir saat harus belanja di supermarket. Untuk menghindari penularan Covid-19, pastinya ada sederet protokol kesehatan yang perlu diterapkan.

Dilansir Okezone dari keterangan resmi Giant/Hero Supermarket Pondok Indah Mall, berikut ini sederet protokol kesehatan saat berbelanja di supermarket yang bisa Anda simak. Apa saja ya?

Rajin cuci tangan dan gunakan handsanitizer

cuci tangan

Di supermarket selalu tersedia handsanitizer di beberapa tempat yang mudah dijangkau. Manfaatkan sesering mungkin setelah Anda memegang dan memilih produk. Meski di supermarket sering didisinfeksi secara berkala untuk tempat-tempat yang rentan, tidak ada salahnya Anda memastikan kebersihan tangan dengan handsanitizer dan mencuci tangan di tempat yang telah disediakan.

Gunakan masker

Selalu gunakan masker setiap keluar rumah. Bahkan saat pergi ke supermarket, Anda wajib pakai masker. Kalau melanggar, bisa-bisa Anda tidak boleh berbelanja.

Baca Juga: Ada Pasien Positif Covid-19 di Dekatmu, Apa Saja yang Perlu Disinfeksi?

Jaga jarak aman

jaga jarak

Pihak supermarket telah menyediakan petunjuk untuk mengantre berjarak. Perhatikan selalu jarak aman Anda dengan pengunjung lainnya, dengan begitu Anda meminimalisir kontaminasi.

Berbelanja aman dengan cashless

Usahakan melakukan pembayaran dengan debit untuk mengurangi kontak langsung dengan uang kertas. Selain menggunakan kartu debit, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi fintech.

Catat belanja kebutuhan bulanan Anda

Daftar belanja bulanan akan membantu Anda meminimalisir waktu memilih produk. Kalau tidak membawa list belanjaan dari rumah tentu akan merepotkan dan membuat Anda berlama-lama di supermarket.

Pesan online

belanja

Di beberapa supermarket juga memiliki layanan kemudahan berbelanja, lewat aplikasi maupun WhatsApp. Anda dapat memilih produk yang dibutuhkan dan barang-barang belanja, lalu akan diantar langsung ke rumah Anda. Meskipun berbelanja online, Anda tetap mendapatkan produk berkualitas, produk segar untuk buah, sayuran, daging juga bahan makanan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan harga teman yang pasti membuat Anda lebih hemat berbelanja. 

 Bersihkan barang belanjaan setelah pulang dari supermarket

Jangan lupa, Setelah Anda selesai beraktivitas luar ruangan maupun berbelanja, segera membersihkan diri dan berganti pakaian. Bersihkan juga produk-produk belanja Anda untuk meminimalisir adanya virus Covid-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini