4 Manfaat Konsumsi Durian bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Sumber Energi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 28 Juli 2020 18:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 28 298 2253527 4-manfaat-konsumsi-durian-bagi-kesehatan-tubuh-salah-satunya-sumber-energi-XH6ej7jTPT.jpg Buah durian (Foto: Freepik)

Durian menjadi salah satu buah dengan penggemar yang cukup banyak di dunia. Selain tekstur dagingnya yang lembut serta aromanya yang khas, durian ternyata memiliki beberapa manfaat positif bagi manusia.

Merangkum dari Asia One, Selasa (28/7/2020), berikut empat manfaat mengonsumsi durian bagi kesehatan manusia.

 durian

1. Membuat seseorang senang

Daging durian yang enak bukan satu-satunya alasan seseorang merasa bahagia. Durian sebenarnya memiliki bahan kimia bahagia untuk membuat seseorang merasa baik. Durian mengandung asam amino triptofan yang dikonversi menjadi serotonin, neurotransmitter yang menginduksi perasaan bahagia dan rileks. Jadi mood seseorang akan membaik secara alami setelah makan durian.

2. Membantu mengatur tidur

Durian dapat membuat seseorang tidur lebih baik. Triptofan (asam amino esensial) dalam durian diubah menjadi melatonin, hormon yang mengendalikan siklus tidur manusia.

Semakin tinggi kadar melatonin, maka semakin mudah Anda tertidur. Jika Anda kesulitan tidur cukup mengonsumsi satu butir durian. Itu maka akan membantu Anda.

3. Mengontrol tekanan darah

Durian kaya akan kalium, elektrolit yang membantu menjaga tingkat tekanan darah. Tekanan darah tinggi yang dikenal sebagai hipertensi dapat menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan seperti penyakit jantung, stroke dan gagal ginjal.

 Baca juga: Pengen Liburan ke Candi Arjuna? Ikuti Sederet Protokol Kesehatan Ini Yuk

4. Sumber energi yang sangat baik

Durian cocok untuk cemilan sebelum berolahraga. Makanan ini tinggi karbohidrat, yang memberikan pelepasan energi cepat untuk membuat seseorang menjadi kuat selama berolahraga.

Dua butir durian berukuran sedang sekira 54 gram mengandung 89 kalori. Ini akan memberi seseorang jumlah karbohidrat yang hampir sama dengan pisang ukuran sedang.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini