4 Objek Wisata Dieng Ini Enggak Kalah Cantik dari Bukit Sikunir

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 28 Juli 2020 09:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 28 406 2253148 4-objek-wisata-dieng-ini-enggak-kalah-cantik-dari-bukit-sukunir-gnJMmCJjVu.jpg Desa Sembungan. (Foto: Dimas/Okezone)

OBJEK wisata di Dieng, Jawa Tengah enggak cuma Bukit Sikunir. Ada objek wisata lainnya yang tak kalah seru dan ikonik patut Anda singgahi.

Setelah puas menikmati panorama golden sunrise dari puncak Bukit Sikunir, kini saatnya Anda menjajal objek wisata lain yang tidak kalah cantiknya. Dataran tinggi Dieng memang dianugerahi kekayaan alam yang sangat berlimpah.

Ada beberapa objek wisata berbasis alam yang menarik untuk disambangi. Masing-masing tempat memiliki keunikan yang dapat menambah pengalaman berwisata Anda.

Baca Juga: Lifehack Menyimpan Alpukat agar Warnanya Tak Berubah Kecoklatan

Berikut Okezone 4 rekomendasi objek wisata Dieng yang sudah dibuka pada masa transisi new normal. Yuk simak!

Kawah Sikidang

kawah

Kawah Sikidang adalah salah satu kawah yang dijadikan andalan tempat wisata di Dieng dan berlokasi di wilayah Dieng timur, tidak jauh dari pusat kota. Pemandangan di sekitar Kawah Sikidang sangat indah.

Mata Anda akan dimanjakan oleh hamparan bukit hijau dan tanah kapur di sekitar tanah kawah. Selain itu, menurut kepercayaan warga setempat nama Sikidang diambil karena kawah ini sering berpindah-pindah seperti Kidang (bahasa Jawa untuk hewan Kijang).

Namun berhati-hatilah mengingat objek wisata ini dipenuhi aroma belerang yang sangat kuat. Bila sudah merasa pusing, sebaiknya Anda segera bergegas meninggalkan area kawah untuk menghirup udara segar. Tiket masuk Kawah Sikadang dibanderol senilai Rp15 ribu.

Candi Arjuna

 candi

Candi Arjuno merupakan salah satu objek wisata yang tak boleh Anda lewatkan saat liburan di dataran tinggi Dieng. Tempat ini menawarkan nilai-nilai sejarah yang bisa membuat wisatwan penasaran, serta bonus melihat pemandangan sekitar yang asri.

Di kompleks Candi Arjuna terdapat 5 buah candi dengan keunikan masing-masing. Kelima candi itu antara lain Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra.

Berdasarkan penuturan Chamim, salah pemandu wisata Dieng, setiap candi dibangun pada masa yang berbeda. Hal ini terlihat dari bentuk serta ornamennya.

"Candi Arjuna merupakan yang dibangun paling awal, sementara Candi Sembadra merupakan yang dibangun paling akhir," ujarnya saat ditemui Okezone di kawasan Candi Arjuna, Minggu 26 Juli 2020.

Chamim menambahkan, sampai saat ini Candi Arjuna juga masih sering digunakan oleh masyarakat setempat dan umat Hindu untuk sembahyang. Beberapa acara adat seperti upacara pemotongan rambut gembel (anak-anak berambut gimbal).

Untuk memasuki kompleks Candi Arjuna, Anda harus membeli tiket senilai Rp15 ribu per orang.

Desa Sembungan

desa sembungan

Tempat selanjutnya yang wajib Anda sambangi adalah Desa Sembungan. Lokasinya berada tepat di dekat pintu masuk Bukit Sikunir. Lantas apa daya tarik tempat ini?

Di Desa Sembungan ada spot khusus untuk menikmati panorama alam Dieng yang telah disediakan oleh warga lokal. Nah, mengingat Desa Sembungan termasuk salah satu desa wisata tertinggi di Jawa Tengah, dari tempat inilah wisatawan dapat menyaksikan hamparan awan putih layaknya negeri di atas awan.

Tidak ada tiket khusus untuk menikmati pemandangan alam dari Desa Sembungan, Anda hanya perlu membayar uang parkir sesuai dengan kendaraan yang digunakan.

Batu Pandang Ratapan Angin

dieng

Terakhir ada objek wisata Batu Pandang Ratapan Angin. Lokasi tempat ini juga tidak jauh dari pusat kota Dieng, tepatnya di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah.

Di sini, Anda bisa melihat keindahan telaga warna secara keseluruhan. Selain itu, Batu Pandang Ratapan Angin juga merupakan spot foto terbaik dengan latar belakang hamparan bukit hijau dan perkebunan yang asri. Untuk memasuki objek wisata ini, Anda harus merogoh kocek Rp10 ribu per orang.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini