Pengen Liburan ke Candi Arjuna? Ikuti Sederet Protokol Kesehatan Ini Yuk

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 28 Juli 2020 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 28 406 2253180 pengen-liburan-ke-candi-arjuna-ikuti-sederet-protokol-kesehatan-ini-yuk-d9AxsoghWj.jpg Candi Arjuna. (Foto: Okezone/Dimas)

CANDI Arjuna telah resmi dibuka kembali untuk umum. Namun ada beberapa peraturan baru dan protokol kesehatan yang wajib dipatuhi para wisatawan.

Peraturan ini termasuk pembatasan jumlah kunjungan wisatawan ke Candi Arjuna. Tujuannya untuk memastikan wisatawan menjaga jarak sosial dengan baik selama berada di area wisata.

Selain itu, wisatawan yang singgah ke Candi Arjuna juga diwajibkan mengenakan masker. Anda juga rutin mencuci tangan di tempat-tempat yang telah disediakan pihak pengelola.

Akhir pekan lalu, Okezone berkesempatan melihat langsung skema protokol kesehatan yang diterapkan oleh pengelola Candi Arjuna. Protokol ini juga telah diverifikasi oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jawa Tengah.

Baca Juga: 4 Objek Wisata Dieng Ini Enggak Kalah Cantik dari Bukit Sikunir

candi

Protokol kesehatan tersebut mulai dilakukan dari pintu masuk objek wisata. Seluruh kendaraan akan disemprot cairan disinfektan sebelum diperkenankan masuk ke area wisata.

Setelah itu, petugas juga akan melakukan pengecekan suhu dan mengatur jarak antar pengunjung saat mengantri tiket di loket.

"Untuk jumlah wisatawannya dibatasi 120 orang per satu jam. Ini dilakukan untuk memastikan wisatawan benar-benar melakukan jaga jarak dengan baik. Dan biasanya kebanyakan wisatawan hanya menghabiskan waktu sekira 45 menit di area Candi," kata Chamim, salah seorang pemandu wisata Dieng, saat ditemui Okezone di komplek Candi Arjuna, Minggu 26 Juli 2020.

Nah, di dalam kompleks Candi Arjuna sendiri, pihak pengelola telah membagi jalur bagi para wisatawan yang baru masuk atau hendak keluar dari area wisata. Jalur ini dibagi menggunakan alat pembatas khusus disertai tanda-tanda pendukung untuk mempermudah wisatawan mengetahui jarak yang aman.

Tak hanya itu, jalur yang dapat digunakan wisatawan hanya satu arah, dengan rute melingkar mengelilingi candi. Selama berada di area candi, wisatawan juga diwajibkan mengenakan masker.

candi

Setelah puas mengeksplorasi area Candi Arjuna, wisatawan dapat langsung menuju pintu keluar yang dihiasi berbagai kios-kios suvenir dan warung makan. Jangan lupa cicipi jajanan khas Dieng seperti keripik atau gorengan kentang dan buah carica.

"Selama pandemi Covid-19, para pelaku wisata di Dieng memutuskan untuk kembali berkebun. Sekarang kebetulan lagi musim panen kentang, jadi jajanan yang ada di tempat ini semuanya diambil langsung dari kebun-kebun warga lokal," ungkap Chamim.

Nah, bagi Anda yang sudah tidak sabar ingin menjajal langsung wisata alam di kawasan Dieng sembari mempelajari peninggalan-peninggalan bersejarah di Kompleks Candi Arjuna, berikut Okezone rangkumkan rute dan cara praktis menuju destinasi wisata tersebut.

Kendaraan pribadi

Kompleks Candi Arjuna terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Provnsi Jawa Tengah. Dataran tinggi Dieng memang terdiri dari dua kabupaten yakni Banjarnegara dan juga Wonosobo.

Sehingga ada beberapa rute yang bisa dilalui wisatawan apabila ingin menyambangi candi ini. Pertama, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi kemudian arahkan kendaraan menuju ke Kota Wonosobo (alun-alunnya).

Dari alun-alun ini arahkan kendaraan menuju Dieng. Anda bisa menggunakan peta digital, karena rutenya sendiri tidak terlalu rumit. Namun perlu diketahui bahwa jalur menuju Dieng dipenuhi tanjakan dan tikungan tajam. Tapi jangan khawatir, jalanannya mulus kok Okezoners!

Sepanjang perjalanan, nikmatilah pemandangan alam yang tersaji begitu cantik di sisi kanan maupun kiri jalan.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini